Yuk, Kepoin Daftar Pekerjaan Terpopuler di Tahun 2020

daftar-pekerjaan-terpopuler-2020


berkatakitanih.com – Membahas soal masa depan, pastinya sangat erat kaitannya dengan cita-cita atau harapan kita yang tergambar indah dan penuh semangat. Pasalnya, masa depan tersebut jugalah yang menjadikan kita berani berjuang bahkan rela mengorbankan jiwa demi meraih masa depan yang lebih cerah dan penuh kebahagiaan. 

Untuk kamu yang baru saja lulus dari bangku sekolah SMA maupun lulus kuliah, tentunya kamu sudah mulai memikirkan pekerjaan manakah yang menjanjikan bagi masa depan. Ya, terlebih di tahun 2020 ini, dimana persaingan globalisasi pun sudah semakin terasa. Belum lagi dengan perkembangan teknologi yang kian hari kian pesat, sehingga tak heran jika karir dalam dunia digital cukup mendominasi di tahun 2020 ini. Nah, bagi kamu yang ingin tahu tentang jenis-jenis pekerjaan paling populer di tahun 2020, yuk, kita simak langsung ulasannya di bawah ini.

1. Pekerjaan yang Berkaitan Dengan Ilmu Komputer dan Matematika

Profesi yang berhubungan dengan ilmu komputer menjadi salah satu pekerjaan yang paling diminati di tahun 2020, seperti programmer, information security developer, dan software developer. Hal itu pun terbukti, dimana sekarang ini banyak kebutuhan akan profesi tersebut melalui pesatnya pertumbuhan perusahaan start-up di Indonesia. Mulai dari transportasi online, e-commerce, reservasi tiket penerbangan, hotel via online, dan masih banyak lagi. 

2. Desainer Produk

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa individu yang memiliki keterampilan atau skill akan yang paling banyak dicari oleh perusahaan di tahun 2020 ini. Pasalnya, hal tersebut dikarenakan ketatnya persaingan di dunia bisnis, sehingga setiap perusahaan akan berusaha sebisa mungkin untuk memiliki ciri khas dari produknya masing-masing. Nah, profesi desainer produk inilah yang dibutuhkan oleh mereka, agar bisa bersaing dipasaran. 

3. Web + Mobile App Developer

Jenis profesi yang satu ini adalah bentuk pengaruh dari perkembangan gaya hidup sebagian besar masyarakat terhadap dunia digital, yang membuat kebutuhan aplikasinya kian meningkat tajam. Pada umumnya, pemain besar yang ikut andil dalam industry ini adalah aplikasi system operasi android dan iOS. Hal itu pun terbukti, dimana berbagai kegiatan pun sudah dilakukan melalui aplikasi pada perangkat gadgetnya, mulai dari memesan ojek, memesan makanan, memesan tiket pesawat, memperpanjang STNK, belanja, dan masih banyak lagi. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika sekarang ini banyak bermunculan para developer iOS dan Android guna memenuhi kebutuhan untuk menciptakan sebuah aplikasi.Ditambah lagi dengan merebaknya perusahaan start-up hingga perusahaan global yang mulai mengembangkan aplikasi web / mobile untuk menjangkau para konsumen. Pada intinya, profesi sebagai pengembang aplikasi akan banyak dicari dan dibutuhkan mulai dari tahun 2020 hingga beberapa tahun ke depan. 

4. Bidang Industri Kreatif

Tahukah kamu? bahwa ekonomi industry kreatif ini tidak pernah ada matinya lho. Selain progresnya yang menyenangkan, pekerjaan di bidang industry kreatif ini sudah terbukti mampu memberikan penghasilan yang cukup menggiurkan. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengembangkan serta menyalurkan inovasi dan daya kreatifitasmu sesuka hati. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika pekerjaan di bidang industry kreatif ini sangat ideal bagi generasi milenial. Adapun mengenai beberapa sektor yang meliputi pekerjaan di bidang industry kreatif seperti:

  • Perfilman

  • Fotografi

  • Musik

  • Periklanan

  • Animasi dan lain sebagainya

Nah, bagi kamu yang memiliki latar belakang pendidikan broadcast atau keahlian lain dalam bidang yang berkaitan, maka pekerjaan yang satu ini merupakan pilihan yang paling tepat bagi masa depan. Mengapa demikian? Pasalnya, seorang pekerja bidang industry kreatif ini bisa digaji mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 60 juta per bulan lho. 

 5. Digital Marketing

Jenis pekerjaan berikutnya yang terpopuler di tahun 2020, yaitu bernama digital marketing. Ya, hal tersebut dikarenakan setiap HRD pada sebuah perusahaan akan membutuhkan banyak tenaga dalam bidang digital marketing yang menguasai kemampuan seperti:

  • SEO (Search Engine Optimization)

  • SEM (Search Engine Marketing)

  • Data analisis

  • Email marketing

  • CMS (Content Management System)

  • Selalu aktif di berbagai media sosial (facebook, instagram, twitter, whtasapp, dan lain sebagainya). 

Lalu, bagiamana cara kerjanya? Mengenai cara kerja digital marketing, kamu harus bisa memasarkan produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan melalui kanal digital seperti website, email, media sosial, nlog, dan channel digital lainnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika peran seorang digital marketing begitu penting dalam sebuah perusahaan untuk menjalankan promosi yang sesuai kebutuhan target. 

6. Praktisi Kesehatan

Praktisi kesehatan diprediksi masih menjadi salah satu profesi yang sangat menjanjikan bagi masa depan. Terutama di tahun 2020 ini, dimana pertumbuhan populasi penduduknya semakin meningkat. Akibatnya, kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehtan juga akan ikut meningkat. Ditambah dengan dengan minimnya peminat yang ingin menggeluti profesi tersebut, khususnya pada bidang kesehatan. 

7. Public Relations

Humas atau yang lebih populer dengan nama public relations ini sangat erat kaitannya dengan pemerintahan, sehingga banyak orang yang tertarik untuk menekuni profesi ini. Tentunya kalian masih ingat dengan kasus peseteruan antara ojek online dengan taksi konvensional, yang membuktikan bahwa inovasi di bidang teknologi itu tidak selalu langsung mudah diterima oleh masyarakat. Itu sebabnya, mengapa profesi di bidang humas, khususnya di government relation sangat dibutuhkan untuk meminimalisir perseteruan seperti kasus tadi.

Peran seseorang dalam profesi public relations ini juga sangat krusial bag sebuah organisasi yang bertugas untuk menciptakan citra baik, mengkomunikasikan semua bentuk informasi tentang organisasi maupun pemerintah kepada public, klien, hingga para investor. 

8. Ahli Lingkungan

Pada tahun 2020 sekarang, isu lingkungan hidup akan kembali menjadi isu utama yang kerap menjadi perbincangan hangat. Dalam hal ini, tentu saja seseorang yang ahli dalam bidang lingkungan akan semakin dibutuhkan, khususnya untuk di tempatkan pada lembaga-lembaga pemerintahan. Para ahli lingkungan tersebut memiliki peran untuk membuat berbagai kebijkan yang berkaitan dengan lingkungan seperti:

  • Cara mengolah air limbah

  • Cara mengurangi polusi udara

  •  Cara menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk bisa menjadi seorang ahli lingkungan, maka kamu harus kuliah dengan mengambil jurusan studi di bidang teknik lingkungan atau environmental engineering. 

9. Manager

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh World Economic Forum (WEF), yang mengatakan bahwa dalam 5 tahun ke depan semua jenis industry akan membutuhkan banyak level manajer yang dapat memberikan pandangan luas. Pasalnya, seorang manajer diharuskan mampu memandu sebuah perusahaan dalam menghadapi beragam perubahan yang tengah terjadi. 

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan yang paling populer di tahun 2020. Bagaimana, apakah kamu juga berminat untuk menggeluti salah satu profesi tersebut?

Baca juga: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *