5 Tempat Wisata Keren di Medan yang Wajib Dikunjungi, Semuanya Menarik!

5-tempat-wisata-keren-di-medan
BerkataKita.com – Salah satu kota terbesar di Indonesia adalah kota Medan. Medan yang diberi julukan sebagai kota multi etnis ini seringkali menjadi destinasi wisata para pelancong baik domestik ataupun mancanegara. Terlebih lagi ditunjang dengan beragam tempat wisata keren di Medan yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Lalu tempat wisata keren apa saja di Medan yang wajib dikunjungi?

Berikut di bawah ini rekomendasi tempat wisata keren di Medan yang wajib dikunjungi, di antaranya yaitu:

1. Tjong A Fie Mansion

Hingga saat ini Tjong A Fie Mansion masih menjadi tempat wisata di Medan pertama yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Medan. Tempat wisata ini merupakan sebuah museum yang dulunya itu merupakan bangunan rumah milik saudagar Tionghoa terkemuka yang bernama Tjong A Fie. Dan rumah ini pada tahun 2009 secara resmi dijadikan sebagai museum dan pengelolaannya dilakukan oleh keturunan Tjong A Fie. 

2. Istana Maimun

Istana Maimun merupakan tempat wisata di Medan yang seringkali disebut sebagai salah satu istana paling indah yang ada di Indonesia. Keunikan utama dari arsitektur istana Maimun ini adalah adanya kombinasi unsur Melayu, Islam, India, Spanyol, serta Italia didalamnya. Unsur Melayunya diwakili dengan digunakannya warna kuning yang mendominasi istana tersebut. Sedangkan untuk penggunaan ornament lampu, meja, kursi, serta pintu dorong didalam bangunan ini merepresentasikan unsur Eropa. Tidak ketinggalan juga bagian atapnya yang memiliki lengkungan mirip seperti perahu terbalik merupakan desain yang seringkali ditemukan di kawasan Timur Tengah. 

3. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan ini merupakan bangunan yang memiliki usia yang tidak jauh berbeda dengan Tjong A Fie Mansion, dimana pembangunannya dimulai pada tahun 1906, dan selesai 3 tahun kemudian pada tahun 1909. Bangunannya juga sangat khas dengan bentuk segi delapan dan bergaya arsitektur percampuran antara Timur Tengah, Spanyol, serta India. Didirikannya Masjid Raya Medan ini sebagai salah satu bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Tjong A Fie katanya ikut menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid ini. Desain yang megah memang menjadikan biaya yang dibutuhkan pembangunan Masjid Raya Medan ini sangat besar yaitu sekitar 1 juta golden pada saat itu.

4. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Tempat wisata ini merupakan museum satwa pertama di Asia Tenggara yang menyajikan beragam jenis satwa hasil buruan yang sudah diawetkan. Disini dapat ditemukannya ada sekitar lebih dari 2000 koleksi satwa. Dimana satwa satwa tersebut diperoleh dari berbagai negara baik yang berasal dari Asia, Afrika, atau Amerika. Jenis hewan yang sudah diawetkan disini juga lengkap mulai dari adanya komodo, kambing gunung, harimau, hingga rusa. 

5. Gedung London Sumatera

Gedung London Sumatera atau Lonsum ini dibangun pada tahun 1906 bersamaan dengan kelahiran Ratu Juliana dari Belanda. Gedung yang dikenal sebagai gedung modern pada masanya ini didirikan oleh perusahaan bernama Harrisons & Crosfield (H & C) yang berasal dari Inggris. Bukti gedung ini modern adalah merupakan gedung pertama di Medan yang menggunakan lift saat itu. Keberadaan lift ini pastinya dapat memberi kemudahan bagi para pengunjung untuk menjangkau dengan cepat total 5 lantai di gedung ini. 

Selain itu masih ada tempat wisata keren lainnya di Medan yang wajib dikunjungi yaitu Kesawan Square yang lokasinya itu tidak jauh dari Gedung London Sumatera. 

Jadi, tempat wisata keren di Medan yang mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *