5 Jenis Koperasi Di Indonesia Dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

5 Jenis Koperasi Di Indonesia dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Koperasi adalah bentuk perusahaan organisasi dengan tujuan utamanya bukan mencari keuntungan namun mencari kesejahteraan dari para anggotanya. Dalam hal ini, koperasi berperan cukup besar terhadap usaha dari orang – orang dengan kemampuan ekonomi terbatas. 

Mungkin saat ini sudah banyak orang yang mulai sadar untuk ikut menjadi anggota koperasi dan turut membangun kesejahteraan bersama. Meski demikian, masih banyak juga orang yang masih asing mengenai koperasi dan apa saja jenis – jenisnya. 

Berikut informasi tentang beberapa jenis koperasi di Indonesia beserta pengertiannya :

        5 Jenis Koperasi Di Indonesia

Menurut UU RI No 17 Tahun 2012, jenis koperasi di Indonesia bisa dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu :

  • Koperasi Simpan Pinjam

Jenis koperasi pertama di Indonesia yaitu koperasi simpan pinjam yang juga kerap disebut koperasi kredit. Tujuan dibentuknya koperasi simpan pinjam adalah untuk mengakomodasi kegiatan simpan-pinjam bagi para anggotanya. 

Di koperasi ini, anggota bisa meminjam uang dalam jangka pendek dengan syarat yang mudah dan bunga rendah. 

  • Koperasi Serba Usaha

Jenis koperasi selanjutnya di Indonesia adalah koperasi serba usaha. Jenis koperasi ini menyediakan beberapa layanan sekaligus bagi para anggotanya. 

Contoh koperasi serba usaha (KSU) ini tidak hanya menyediakan jasa simpan pinjam saja, namun juga bisa menjual berbagai kebutuhan konsumennya. 

  • Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah jenis koperasi yang anggotanya terdiri dari para produsen, baik itu produsen barang atau jasa. 

Koperasi produksi menyediakan bahan baku serta menjual barang – barang dari para anggota dengan harga yang layak. Seperti salah satu contohnya, koperasi peternak lebah. Produk yang dijual di koperasi ini berupa madu dan makanan olahan dari madu. 

  • Koperasi Konsumen

Koperasi konsumen adalah jenis koperasi yang dibentuk dan diperuntukkan bagi konsumen barang dan jasa. Koperasi ini biasanya menyediakan berbagai produk kebutuhan sehari – hari seperti di Toko Kelontong. Pembeli di koperasi konsumen ini biasanya para anggotanya sendiri. Karena itu, harga barang yang dijual di koperasi ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga di toko pada umumnya. 

Contoh koperasi konsumen adalah seperti koperasi karyawan (KOPKAR), koperasi pegawai Republik Indonesia (KPRI), koperasi siswa/mahasiswa, dan lainnya. 

  • Koperasi Jasa

Jenis koperasi yang terakhir di Indonesia adalah koperasi jasa yang kegiatannya fokus pada layanan atau jasa kepada para anggota koperasi dan masyarakat. Adapun contoh layanan yang disediakan oleh koperasi jasa adalah jasa angkutan dan jasa asuransi. 


Pengertian Koperasi Menurut Para Ahli

  • Hatta

Dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia, Hatta pernah menyatakan bahwa koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan tolong – menolong. 

  • P.J.V Dooren

P.J.V Dooren menyatakan bahwa serikat koperasi adalah asosiasi anggota baik pribadi atau perusahaan yang secara sukarela datang bersama – sama untuk mengejar tujuan ekonomi umum. 

  • Arifinal Chaniago

Sementara menurut Arifinal Chaniago, pengertian koperasi adalah sebuah perkumpulan yang beranggotakan orang – orang atau badan hukum, yang memberikan kebebasan kepada para anggota untuk masuk dan keluar, dengan melakukan kerja sama secara kekeluargaan dalam menjalankan usaha guna meningkatkan kesejahteraan anggotanya. 

Lantas, apa tujuan dibentuknya berbagai jenis koperasi di Indonesia? Tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan anggotanya, sehingga mereka tidak menimbun kekayaannya sendiri. Selain itu, tujuan koperasi juga adalah untuk meningkatkan taraf hidup anggota koperasi dan masyarakat di sekitarnya. Tugas koperasi juga untuk membantu pemerintah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur


Baca juga: Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *