Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi Mikro

Ayo Belajar Pengertian Ekonomi Mikro

Pengertian ekonomi mikro dari para ahli dapat memberi pemahaman lebih tentang pasar. Apa yang dimaksud dengan ekonomi mikro? Ekonomi mikro didefinisikan sebagai ilmu ekonomi yang khusus mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga – harga pasar, kuantitas faktor input, serta barang dan jasa yang diperdagangkan. 

Ekonomi mikro secara langsung akan mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran serta permintaan barang maupun jasa. Berdasarkan definisi tersebut, disimpulkan bahwa tujuan utama ekonomi mikro bagi perusahaan adalah untuk menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya sehingga dapat membentuk harga relatif untuk produk dan jasa. 

Terdapat sejumlah ahli di bidang ilmu ekonomi pernah menjelaskan tentang pengertian ekonomi mikro, diantaranya yaitu :

  1. Adam Smith

Pengertian ekonomi mikro menurut Adam Smith adalah subjek ekonomi yang memiliki sifat selalu ekonomis rasional. Hal itu mengakibatkan para pelaku ekonomi perlu mempertimbangkan terlebih dahulu hal – hal rasional sebelum membuat suatu keputusan.


  1. David Ricardo

Sementara pengertian ekonomi mikro menurut David Ricardo adalah suatu kondisi dimana para pelaku ekonomi sudah memiliki informasi mengenai seluk beluk sebuah market. Dengan demikian, ekonomi mikro menjadi faktor penentu dari market ekonomi global. 


  1. Marshal Dan Piqou

Adapun pengertian ekonomi mikro menurut Marshal dan Piqou adalah tingkat mobilitas yang tinggi dalam pasar sehingga membuat para pelaku ekonomi bisa langsung beradaptasi atau menyesuaikan terhadap perubahan – perubahan yang terjadi di pasar. 


  1. N.G. Mankiw

Menurut N.G. Mankiw, ekonomi mikro diartikan sebagai ilmu yang membahas mengenai peran individu – individu pelaku ekonomi, bagaimana cara rumah tangga dan perusahaan membuat suatu keputusan, serta bagaimana cara mereka berinteraksi didalam pasar tertentu. 


  1. Sadono Sukirno

Dan terakhir pengertian ekonomi mikro menurut Sadono Sukirno adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga – harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, maupun jasa yang diperdagangkan. 

Setelah memahami pengertian ekonomi mikro dari beberapa ahli, tentunya kamu juga harus mengetahui mikro ekonomi itu menganalisis hal apa saja. Analisis ekonomi mikro terbagi menjadi tiga, diantaranya yaitu :

  1. Teori Harga

Harga digunakan sebagai dasar untuk menganalisis interaksi antara penawaran dan permintaan barang maupun jasa yang ada didalam pasar dan juga faktor – faktor yang bisa mempengaruhinya. 

Analisis harga dilakukan terhadap :

  • Proses pembentukan harga

  • Faktor – faktor yang bisa mempengaruhi perubahan permintaan dan penawaran

  • Hubungan antara harga permintaan serta penawaran

  • Bentuk – bentuk pasar

  • Konsep elastisitas permintaan serta penawaran


  1. Teori Produksi

Teori produksi juga digunakan sebagai dasar untuk melakukan analisis biaya produksi serta tingkat produksi. Analisis produksi dilakukan terhadap :

  • Semua hal yang berhubungan dengan biaya produksi barang dan jasa

  • Tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi pihak produsen

  • Kombinasi dari faktor produksi yang perlu dipilih produsen agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. 


  1. Teori Distribusi

Tujuan dari teori distribusi adalah untuk melakukan analisis ekonomi mikro terkait dengan upah tenaga kerja, besarnya bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, serta berapa besar keuntungan yang akan didapatkan oleh produsen. 

Dalam penerapannya di bidang bisnis, ekonomi mikro memiliki 3 komponen utama yang perlu dipahami diantaranya yaitu :

  • Interaksi Di Pasar Barang

  • Tingkah Laku Penjual Dan Pembeli

  • Interaksi Di Pasaran

Itulah penjelasan tentang pengertian ekonomi mikro menurut para ahli beserta hal – hal yang dianalisis dalam mikro ekonomi. 

Baca Juga: Resesi Perekonomian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *