Doa Akhir Majelis dan Artinya Berdasarkan Hadist

Apakah Anda tahu tentang doa akhir majelis dan artinya? Jika belum, simaklah beberapa ulasan di bawah ini agar terdapat inspirasi baru dan info seputar agama Islam yang penting. 

  1. Membaca Doa Adalah Hal Penting dalam Islam

Menurut ajaran agama islam, setiap acara atau kegiatan disarankan untuk selalu diawali dan diakhiri dengan membaca doa. Berdoa adalah bentuk komunikasi antara kita sebagai manusia dengan sangKhalik Allah SWT.

Dalam suatu acara atau majelis selalu diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan diakhiri dengan pembacaan doa kafaratul majelis. Doa kafaratul majelis adalah doa untuk mengakhiri suatu acara atau majelis.


  1. Doa Penutup Majelis Berbunyi Bagaimana?

Bunyi doa kafaratul majelis:

Subhaanakallohumma Wa Bihamdika, Asy-hadu Alla ilaha illa anta, As-taghfiruka Wa Atuubu Ilaik

Artinya:

Bahwa Allah maha suci dan hambanya mengucap syukur kepada Allah. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa-dosaku dan aku bertaubat kepada-Mu. Berikut beberapa keutamaan doa kafaratul majelis yang mungkin bisa menginspirasi. 


  1. Manfaat Doa Akhir Majelis dan Artinya Sebagai Penghapus Dosa

Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa yang duduk di suatu majelis lalu banyak senda guraunya, maka hendaklah ia mengucapkan sebelum bangun dari majelisnya itu.

Maksudnya adalah apabila selama acara atau majelis berlangsung kita mengucapkan kata-kata yang sia-sia atau ada melakukan kesalahan, diharapkan dengan membaca doa kafaratul majelis ini Alla SWT mengampuni dosa kita.


  1. Ilmu yang di dapat Akan Lebih Bermanfaat Jika Membaca Doa Ini

Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

setiap kaum yang bangkit dari majelis yang tidak ada dzikir pada Allah, maka selesainya majelis itu seperti bangkai keledai dan hanya menjadi penyeselan pada hari kiamat (HR. Abu Daud).

Maka dari itu, setelah usai acara atau majelis dianjurkan untuk membaca doa kafaratul majelis agar majelis tersebut mendapat keridhaan dari Allah SWT serta ilmu yang didapatkan akan lebih bermanfaat.


  1. Orang yang Membacanya akan Dimudahkan Jalan Menuju Surga

Suatu acara atau majelis yang bertujuan untuk menambah ilmu sangat disenangi oleh Allah SWT, dan dengan membaca doa kafaratul majelis dapat memudahkan jalan menuju surga Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda bahwa siapa saja yang berjalan atau safar untuk ilmu maka Allah mudahkan jalan menuju surga. Ini adalah ringkasan hadist HR. Muslim.


  1. Pembacaan Doa Akhir Majelis dan Artinya Akan Bisa Menguatkan Keimanan

Membaca doa kafaratul majelis menjadi salah satu cara meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta menunjukkan bahwa orang-orang yang berada di dalamnya adalah orang-orang yang selalu bertaqwa dan terus meningkatkan imannya kepada Allah SWT.


  1. Menjadi Peredam Murka Allah

Bacaan setelah pengajian merupakan harapan atau permintaan manusia kepada Allah. Dalam Hadis Hasan yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, Rasulullah saw. Apabila seseorang tidak meminta kepada Allah maka akan dimurkai oleh Tuhannya. 

Tentu saja doa akhir majelis dan artinya di atas sudah sangat tepat dibaca umat rasul. Karena memiliki arti yang baik dan berkah. 

Serba-serbi doa akhir majelis dan artinya di atas memang sangat kompleks. Sehingga ada baiknya bagi Anda untuk memastikan agar selalu membacanya dan juga mengamalkan artinya. Supaya tidak hanya mendapatkan pemahaman tekstual saja tetapi juga kontekstual dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *