Pentingnya Mencari Ilmu bagi Seorang Muslim Menurut Hadist Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang menjadi keharusan untuk setiap individu. Belajar dimulai dari sejak kecil dan dari lingkup yang paling pertama mengajarkan suatu hal yakni keluarga. 

Pada dasarnya, manusia diciptakan dalam kondisi tidak berilmu dan tidak mengetahui apapun. Hal ini sudah tercantum pada hadist menuntut ilmu dalam agama Islam.

Pentingnya Mencari Ilmu bagi Seorang Muslim Menurut Hadist Menuntut Ilmu


Pentingnya Mencari Ilmu dan Mengamalkannya

Mencari ilmu dimulai dari sejak kecil dimana seseorang yang lahir tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan apapun sehingga harus diajarkan oleh orang lain. Sebagaimana dikatakan oleh Imam Syafi’I yaitu “ta’allam falaisal mar’u yuuladu’aaliman” yang berarti bahwa “belajarlah karena tidak ada orang yang terlahir dalam keadaan berilmu.”

Ketika lahir, bayi akan diajarkan untuk berbicara, makan, berjalan bahkan diajarkan apapun oleh keluarganya. Selanjutnya, seseorang juga diharuskan menuntut ilmu dengan menempuh pendidikan baik secara formal maupaun tidak formal. 

Lantas, mengapa manusia harus menuntut ilmu? Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat Anda wajib menuntut ilmu sejak dini.

  • Penyelamat Kehidupan di Dunia dan Akhirat

Alasan yang pertama mengapa manusia wajib menuntut ilmu yaitu sebagai salah satu cara supaya seseorang bisa selamat baik di dunia maupun di akhirat. Hal ini juga tertuang dalam suatu hadist, dimana Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang menginginkan kebahagiaan dunia, maka tuntutlah ilmu dan barang siapa yang ingin kebahagiaan akhirat, tuntutlah ilmu dan barang siapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan.”

Lantas, apa hal yang mendasari bahwa menuntut ilmu bisa menjadi salah satu cara menyelamatkan dunia dan akhirat? Orang-orang yang memiliki ilmu akan memiliki pandangan yang luas serta terasah kemampuan berpikirnya. 

Orang-orang yang berilmu tidak akan mudah terjerumus dalam kesesatan sehingga akan selalu dalam lindungan Allah SWT. Tak hanya itu saja, orang-orang yang berilmu, mengamalkan ilmunya serta mengajarkannya kepada orang lain maka akan mendapatkan banyak pahala.

  • Menuntut Ilmu Merupakan Jihad

Jihad atau berjuang di jalan Allah merupakan salah satu hal yang bisa membawa seseorang mendapatkan surga. Jihad selalu identik dengan berperang dan membawa senjata. 

Padahal, ada banyak sekali cara untuk berjihad. Salah satunya yaitu dengan menuntut ilmu. Menuntut ilmu merupakan jihad yang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Hal ini dijelaskan dalam suatu hadist, Rasulullah SAW bersabda: “barang siapa yang keluar dalam rangka menuntut ilmu, maka Ia berada di jalan Allah sampai ia kembali.” (dari Anas bin Malik). 

Dengan menempuh ilmu, seseorang tentu akan mengentaskan daari kebodohan dan kesesatan. Terlebih ketika seseorang yang telah menempuh ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain. Orang tersebut akan membukakan jalan kebaikan untuk orang lain pula. 


BACA JUGA : KUMPULAN HADITS MENUNTUT ILMU

  • Di Doakan Semua Makhluk

Salah satu alasan mengapa Anda harus menuntut ilmu yaitu akan didoakan oleh seluruh makhluk di bumi. Ketika seseorang keluar dengan tujuan unutk menuntut ilmu, tidak hanya akan di doakan oleh orang tua saja. 

Seluruh makhluk yang ada di bumi mulai dar malaikat hingga ikan dan makhluk lainnya turut mendoakan orang tersebut. Hal ini dijelaskan dalam Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majjah berdasarkan sabda dari Rasulullah SAW yang berarti: 

“Sungguh, para malaikat merendahkan sayapnya sebagai keridhaan terhadap penuntut ilmu. Orang yang berikmu akan dimintai ampunan oleh penduduk langit dan bumi, bahkan hingga ikan yang ada di dasar lautan.” Dengan menuntut ilmu, Anda akan senantiasa dijaga dan selalu didoakan oleh seluruh makhluk Allah SWT. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *