Kumpulan Hadits Menuntut Ilmu

 Kumpulan Hadits Menuntut Ilmu

Ilmu itu diibaratkan seperti cahaya atau pelita yang dapat menerangi manusia. Tanpa ilmu, terutama imu agama seseoang akan hidup dalam kegelapan dan tidak mengetahui mana yang baik dan benar di dalam hidupnya. 

Maka dari itu, kita sebagai umat Muslim wajib menuntut ilmu hingga ajal menjemput. Orang yang berilmu akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Subhana wa Ta’ala. 

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Mujadalah : 11). 

Selain itu, ada  beberapa hadits yang menerangkan tentang menuntut ilmu. Berikut kumpulan hadits menuntut ilmu :

Hadits 1

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat.”

Hadits 2

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Menuntut limu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim.”

Hadits 3

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim no. 2699).

Hadits 4

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu; ketika menafsirkan ayat: (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian, dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Al-Mujadalah : 11) dia berkata maksudnya adalah “Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat.” (HR. Darimi no. 356). 

Hadits 5

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” Abu Isa berkata; ini adalah hadits hasan. (HR, Tirmidzi) Shahih menurut Al Albani. 

Hadits 6

Dari Zaid bin Tsabit ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Semoga Allah memperindah orang yang mendengat hadits dariku lalu menghafaal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang yang menyampaikan ilmu kepada orang lain yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu.” (HR. Abu Daud) No. 3175 Shahih.

Hadits 7

Dari Utsman bin Affan ia berkata; Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari, no 4640 Shahih.  

Hadits 8

Artinya : “Suatu kaum tidak berkumpul di suatu rumah dari rumah Allah Ta’ala (masjid) dalam rangka membaca dan tadarus Al Quran, kecuali mereka dianugerahi ketenangan, diliputi rahmat, dikerumuni malaikat, dan dibanggakan Allah dihadapan para malaikat-Nya.” (HR. Muslim). 

BACA JUGA : 3 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Perlu Anda Ketahui

Hadits 9

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Barangsiapa menginginkan kehidupan dunia, maka tuntulah ilmu dan barangsiapa yang ingin kebahagiaan akhirat, tuntutlah ilmu dan barangsiapa yang menginginkan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan. 

Hadits 10

Dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Sesungguhnya akan memintakan ampun untuk seorang alim (berilmu) makhluk yang di langit dan di bumi hingga ikan hiu di dasar laut.” (HR. Ibnu Majah, no. 235 Hadits Shahih).

Nah, begitu mulianya orang yang berilmu di sisi Allah ‘Azza wa Jalla, maka kita sebagai seorang Muslim harus giat dan bersemangat dalam menuntut ilmu, terutama ilmu agama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *