Makna dari Doa Bapa Kami Kristen yang Sangat Indah

Makna dari Doa Bapa Kami Kristen yang Sangat Indah

Doa Bapa Kami Kristen merupakan doa yang sangat istimewa terutama untuk umat Kristiani. Doa ini memiliki isi yang tidak terlalu banyak, namun doa ini mengandung makna yang sangat dalam. Doa ini mengajarkan umat Kristiani bagainama caranya berdoa yang baik kepada Tuhannya. Tak hanya itu saja, Doa Bapa Kami menjadi salah satu doa yang diajarkan secara langsung oleh Tuhan Yesus kepada para muridnya ketika sedang mengisi khotbah mengenai 8 Sabda Bahagia. Doa ini pertama kali diajarkan di sebuah bukit di Yerussalem.

Doa Bapa Kami

Bapa kami yang ada di surga, 

Dikuduskanlah nama-Mu, 

datanglah Kerajaan-Mu, 

jadilah kehendak-Mu 

di bumi seperti di sorga 

Berikanlah kami pada hari ini 

makanan kami yang secukupnya 

dan ampunilah kami akan kesalahan kami, 

seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 

dan janganlah membawa kami ke dalam percobaan, 

tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat 

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan 

dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya 

Amin

Doa Bapa Kami bisa disebut sebagai pedoman umat Kristiani untuk berdoa. Doa ini diajarkan kepada umatnya secara langsung dan juga memiliki isi yang sangat mendalam. Pada doa ini, umat diajarkan dan diberikan pedoman tentang bagaimana cara meminta yang baik. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa diambil dari Doa Bapa Kami.

  • Pengkudusan Nama Tuhan

Pada Doa Bapa Kami diajarkan bagaimana menyebut nama Tuhan dengan baik. Pada bait pertama, Tuhan disebut dengan Bapa sehingga menggambarkan hubungan antara Tuhan sebagai seorang Bapa dan umat sebagai anak. Dengan penyebutan nama ini memberikan gambaran mengenai hubungan yang sangat erat sekali antara umat dan Tuhan Yesus. Selain itu, doa ini juga menggambarkan pengkudusan Tuhan. Hal ini tergambar pada bait pertama yang mana menjelaskan bahwa “dikuduskanlah nama-Mu” sehingga nama Bapa menjadi suatu hal yang agung, suci dan mulia.

  • Nasihat Tuhan Kepada Umatnya

Doa Bapa Kami juga mengajarkan sebuah nasihat bahwa berdoalah dengan simpel dan tidak bertele-tele. Selain itu, nasihat dari Tuhan yakni tidak berdoa seperti orang yang munafik. Mintalah pengampunan niscaya Tuhan akan mengampunimu. Selain itu, doa ini juga mengajarkan umatnya untuk tidak menyimpan dendam kepada orang lain. 

  • Tidak Sombong

Doa Bapa Kami mengajarkan umatnya untuk tidak sombong. Hal ini tertuang pada isi dari Doa Bapa Kami. Sebagai seorang umat, selalulah meminta ampun. Semua umat pastilah berdosa sehingga mintalah ampunan dan pengakuan dosa kepada Tuhan. Tuhan Yesus akan selalu mengampuni segala dosa umatnya yang mau bertobat.

  • Tidak Serakah

Pada Doa Bapa Kami, umat manusia juga diajarkan untuk tidak serakah. Hal ini tertuang pada isi dari doa yang menyebutkan bahwa mintalah rejeki secukupnya. Memintalah sesuai dengan apa yang dibutuhkan bukan apa yang diinginkan. Tuhan selalu memberikan rejeki sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan umatnya. Sikap tidak serakah dan meminta secukupnya juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

  • Memaafkan Sesama

Selain mengajarkan mengenai bagaimana menjadi seorang umat yang tidak serakah dan tidak sombong, Doa Bapa Kami juga mengajarkan manusia untuk menjadi seorang pribadi yang pemaaf. Manusia haruslah selalu meminta ampun kepada Tuhan. Tuhan akan selalu mengampuni segala perbuatan dosa yang umatlah lakukan. Maka, umatnya harus melakukan hal yang sama pula yakni saling memaafkan antar sesama umatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *