7 Jenis Tanaman Hias Indoor Terbaik

tanaman-hias-indoor
Aneka tanaman hias indoor

berkatakita.com – Seperti yang diketahui bahwa fungsi utama dari tanaman hias adalah sebagai penghias yang bisa memberikan keindahan dan menarik yang bisa dinikmati secara visual, baik yang ditanam di indoor maupun outdoor.

Jadi, jika anda ingin rumah atau kamar anda sejuk dan asri, memelihara tanaman hias bisa menjadi salah satu cara untuk menghijaukan ruangan. Bukan hanya itu, tanaman hias ini juga bisa berfungsi untuk membersihkan udara di dalam ruangan.

Nah, bagi anda yang sedang mencari tanaman hias indoor, sebagai rekomendasi berikut beberapa tanaman hias yang cocok untuk ruangan sebagai berikut :

1. Anthurium

Tanaman hias indoor yang pertama adalah Anthurium. Jika ingin ruangan rumah lebih berwarna, maka anda bisa coba menanam tanaman anthurium berukuran kecil. Selain itu, cara merawatnya juga cukup mudah dan praktis, anda cukup menaruhnya di tempat yang cukup cahaya, namun jang menyimpannya di bawah matahari langsung.

2. Tanaman Hias Tillandsia

Tanaman hias indoor selanjutnya adalah Tillandsia. Cara menanam dan merawat tanaman yang satu ini cukup mudah, karena tidak membutuhkan tanah untuk bertahan hidup. Jadi, tanaman hias Tillandsia ini sangat cocok bagi anda yang sedang mencari tanaman hias kecil dan tidak mau repot-repot berurusan dengan tanah atau pot.

Untuk menanamnya, anda bisa menyimpannya di terarium yang dilubangi, sehingga tanaman mendapatkan banyak sirkulasi udara.

3. Lidah Buaya

Perlu diketahui bahwa lidah buaya (aloe vera) ini merupakan bagian dari keluarga sukulen. Sama seperti tanaman sukulen pada umumnya, lidah buaya juga menyukai sinar matahari dan akan tumbuh dengan maksimal apabila ditanam di tanah yang kering.

Selain dapat mempercantik ruangan, lidah buaya juga merupakan jenis tanaman obat herbal yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan, seperti untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut serta mengobati luka bakar ringan.

4. Daun Asparagus

Tanaman hias indoor lainnya adalah asparagus. Walaupun namanya asparagus, tetapi tanaman yang satu ini sebenarnya termasuk ke dalam keluarga lily (liliaceae). Agar memberikan kesan sejuk di sudut rumah anda, berikan asparagus fern ruang yang cukup banyak supaya daunnya bisa mengembang.

5. Baby Toes

Tanaman dengan bentuk cukup unik dan lucu ini termasuk ke dalam keluarga sukulen. Tanaman ini diberi nama baby toes (jari kaki bayi) karena bentuknya yang mirip dengan jari kaki bayi.

Tanaman ini tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung, sehingga sangat cocok dijadikan penghias ruangan rumah anda, seperti di ruang tamu, meja kerja, bahkan di samping tempat tidur.

Baca Juga: Cara Sederhana Menanam Cabai Sendiri Di Rumah

6. Tanaman Besi Cor (Cast-Iron Plant)

Tanaman hias lainnya yang bisa anda gunakan untuk mempercantik ruangan rumah adalah tanaman besi cor atau yang juga dikenal sebagai aspidistra ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer saat ini. Kelebihan dari tanaman ini adalah tahan terhadap berbagai kondisi cahaya dan tanah, sehingga perawatannya tidak terlalu sulit.

7. Chinese Money

Chinese Money ini merupakan tanaman unik dan langka yang sangat terkenal dengan bentuk daunnya yang bundar. Kelebihan dari Chinese Money ini adalah dapat tumbuh dengan mudah dan mudah diperbanyak. Jadi, salah satu cara paling mudah untuk mendapatkannya adalah dengan menyetek milik teman anda yang memiliki tanaman ini.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang 7 tanaman hias indoor terbaik, semoga ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *