Beberapa Ucapan Belasungkawa Islam yang Benar dan Sopan

Ucapan belasungkawa Islam ini sering digunakan oleh umat Islam dalam mengungkapkan rasa duka cita kepada kerabat, saudara dan keluarga yang sedang mengalami musibah kematian. Saat memberikan ucapan belasungkawa sebaiknya Anda memperhatikan pemilihan kata (diksi) agar tidak melanggar norma kesopanan.

Jika Anda salah memilih diksi dalam ucapan belasungkawa ini ditakutkan menyinggung hati seseorang yang sedang berduka tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan kalimat-kalimat yang benar dan sesuai saat memberikan ucapan belasungkawa kepada orang yang berduka. Berikut beberapa ucapan belasungkawa yang benar dan sopan.

Beberapa Ucapan Belasungkawa Islam yang Benar dan Sopan

Ucapan Belasungkawa Islam yang Benar dan Sopan

Semua Sudah Menjadi Ketetapan Allah Swt.

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”, segala sesuatu yang ada di dunia ini memang sudah ada ketetapan dan batas waktunya. Semua yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Bersabarlah atas segala yang telah terjadi dan menimpa kamu dan keluarga. Pasti semua ini ada hikmahnya. 

Turut Berduka Cita atas Kepergian Almarhum/Almarhumah

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”, dari lubuk hati yang paling dalam saya dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum/almarhumah. Semoga Allah Swt. senantiasa memberikan tempat terbaik di sisiNya. Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga selalu diberikan keikhlasan dan lapang dada.

Semoga Kuat dalam Menghadapi Cobaan 

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”, dari lubuk hati yang terdalam turut berbelasungkawa atas kepergian almarhum/almarhumah. Semoga almarhum/almarhumah ditempatkan di tempat terbaik Allah Swt. Semoga keluarga yang ditinggalkan kuat dalam menghadapi cobaan ini semua.

Allah Swt. Memberi Cobaan Sesuai Kemampuan HambaNya

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”, saya turut berduka cita. Allah Swt. tidak akan memberikan sebuah cobaan di luar batas kemampuan hambaNya. Maka, untuk keluarga yang ditinggalkan tetap kuat, tegar atas kepergian almarhum/almarhumah. Karena semua ini pasti indah pada waktunya.”

Semoga Almarhum/Almarhumah Diampuni Segala Dosanya

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”, kami sekeluarga turut berduka atas meninggalnya almarhum/almarhumah. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah Swt. telah menetapkan batas waktunya. Semoga almarhum/almarhumah diampuni segala dosanya selama hidup di dunia.

Mendoakan Almarhum/Almarhumah 

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”. Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah Swt. dan segala dosanya diampuni serta amal ibadah menjadi penerang di alam kuburnya. Keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan keikhlasan atas kepergian almarhum/almarhumah.

Semua adalah Ujian agar Menjadi Kuat

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”. Kehilangan orang seseorang yang disayang untuk selama-lamanya memang membuat hati kita sedih tetapi kita harus kuat menghadapi semua. Karena ini adalah kehendak Allah Swt. dimana semua yang bernyawa pasti mengalami kematian dan kembali kepada Allah Swt.

Ada Hikmah dari Kejadian Ini

“Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”. Turut berduka cita atas yang telah terjadi, semoga keluarga yang ditinggalkan kuat menjalani semua ini. Semoga almarhum/almarhumah bisa mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah Swt. dan semua yang terjadi ini pasti ada hikmahnya.

Ikhlas merupakan Jalan Terbaik dalam Menghadapi Kehilangan

Kehilangan keluarga, saudara atau teman untuk selama-lamanya memang membuat hati kita sedih dan tidak semangat. Namun, ini semua tidak ada manfaatnya. Oleh karena itu, ikhlas adalah jalan terbaik yang harus dilakukan dalam menghadapi cobaan ini. Hati yang lapang juga menjadi teman dari ikhlas agar hati kita tenang.

Nah, itulah penjelasan mengenai ucapan belasungkawa Islam yang benar dan sopan. Semoga dengan adanya artikel ini Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *