3 Mukjizat Nabi Muhammad SAW yang Perlu Anda Ketahui

Nabi Muhammad SAW adalah salah satu Nabi yang memiliki keistimewaan dan menjadi Nabi terakhir. Allah memberikan mukjizat kepada seluruh NabiNya. Mukjizat yang dimiliki tiap Nabi juga berbeda-beda. Mukjizat Nabi Muhammad SAW tidak dimiliki oleh Nabi-Nabi sebelumnya. Nabi Muhammad SAW adalah Nabi paling terakhir yang memiliki mukjizat paling istimewa.

Mukjizat merupakan suatu peristiwa yang terjadi sangat istimewa hingga tak bisa dijelaskan dengan akal dan kemampuan manusia. Namun, dengan kuasa Allah SWT, mukjizat bisa terjadi atas kehendakNya. Mukjizat setiap Rasul dan Nabi berbeda-beda. Mulai dari bisa berbicara dengan Binatang, bisa membelah lautan dan berbagai macam peristiwa yang tidak bisa dijelaskan oleh akal manusia.

Apa Saja Mukjizat yang Dimiliki Nabi Muhammad SAW?

Ada banyak sekali mukjizat yang dimiliki oleh utusan Allah yang paling istimewa yakni Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah mukjizat-mukjizat yang dimiliki oleh Nabi terakhir umat Islam.

Kitab Suci Al-Qur’an

Mukjizat pertama yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yaitu Kitab Suci Al-Qu’an. Al-Qur’an menjadi kitab pedoman untuk umat Islam. Mukjizat yang satu ini merupakan salah satu mukjizat yang paling besar dan hanya dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Namun, ada pula beberapa Nabi sebelumnya yang mendapatkan mukjizat berupa Kitab suci. Beberapa Nabi sebelumnya yaitu, Nabi Daud AS yang mendapatkan mukjizat berupa kitab Zaburr, Nabi Musa AS yang mendapatkan kitab Taurat, dan Nabi Isa AS yang mendapatkan kitab Injil.

Kitab-kitab yang diturunkan kepada nabi-nabi sebelumnya hanya digunakan atau sebagai pedoman pada masa itu saja. Sedangkan Kitab Suci Al-Qur’an digunakan sebagai pedoman sepanjang masa. Tak hanya itu saja, kitab ini juga memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa Anda dapatkan mulai dengan membaca, menghafalkan hingga menerapkannya dalam kehidupan sehati-hari.

Air Mengalir dari Jemarinya

Mukjizat lain yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yaitu dapat mengeluarkan air dari jemari tangannya. Mukjizat ini terjadi ketika pada hari perjanjian atau hari Al-Hudaibiya. Pada saat itu, Rasulullah beserta Sahabat Nabi sedang melakukan perjalanan. Di tengah perjalanan, para Sahabat Nabi merasakan kehausan dan persediaan air mulai menipis. Pada saat itu, beliau bersabda: “Carilah Sedikit Air”. Kemudian setelah wudhu, orang-orang menghampiri Rasululah dengan membawa bejana. Lantas, Rasulullah meletakkan tangannya ke dalam bejana tersebut dan air mengalir dari jemari tanganya. Air tersebut lantas digunakan untuk wudhu maupun untuk minum.

Doa Meminta Hujan

Mukjizat lainnya yang dimiliki oleh Rasulullah yakni berdoa untuk meminta turunnya hujan. Hal ini terjadi ketika Rasulullah memberikan khutbah Jum’at dan salah seorang jemaahnya meminta untuk di doakan meminta hujan turun karena daerah tersebut mengalami kekeringan cukup lama. Sehingga pada saat itu juga, Rasulullah berdoa dan tak lama kemudian hujan turun terus menerus dengan cukup deras hingga Jum’at yang selanjutnya. Akibat hujan yang cukup lebat mengakibatkan beberapa rumah rusak karena hujan tersebut. Sehingga Rasulullahpun berdoa meminta untuk hujan dialihkan ke kota Madinah. Tak lama kemudian, awan-awanpun bergerak menuju ke kota Madinah. 

Nah, itulah beberapa mukjizat yang dimilliki oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah tidak hanya memiliki mukjizat yang cukup indah saja. Sebagai Rasul dan Nabi yang terakhir, umat Islam juga terus mengamalkan Al-Qur’an serta selalu berdo’a supaya meminta syafaat di hari pembalasan nanti.  Sebagai umat Islam, tidak hanya harus percaya terhadap Nabi dan Rasul Allah SWT saja. Seluruh umat Islam juga harus mempercayai akan kuasa Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *