Ucapan Belasungkawa Islam dan Doa untuk Orang Meninggal

Ucapan belasungkawa Islam biasanya bisa diungkapkan ketika seseorang yang sedang tertimpa musibah, baik ketika terkena bencana atau ditinggal seseorang untuk selama-lamanya. Ucapan belasungkawa ini merupakan bentuk rasa kepedulian kita, rasa empati dan sekaligus mengingatkan kepada kita jika semuanya akan kembali kepada Allah Swt.

Dalam Islam pun terdapat ucapan untuk ditujukkan kepada saudara, teman ataupun orang lain yang sedang ditinggal oleh seseorang untuk selama-lamanya. Ucapan ini juga mengandung arti yaitu untuk memberikan dukungan dan semangat agar lebih ikhlas atas kepergian seseorang yang disayangi. 

Makna dari Ucapan Belasungkawa Islam

Makna Kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”

Ucapan belasungkawa Islam yang berupa kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun” ini memiliki makna jika sesungguhnya kita semua yang hidup di dunia ini adalah milik Allah dan semuanya akan kepada Allah. Sehingga dapat disimpulkan jika karena semua milik Allah maka kita menyerahkan diri semua atas kehendakNya.

Waktu yang Tepat dalam Mengucapkan Kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Rajiun”

Mengucapkan kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun” ini bisa Anda ucapkan ketika kerabat dekat, saudara atau keluarga sendiri sedang mengalami suatu musibah. Karena dengan mengucapkan kalimat ini Anda mengingatkan jika semua itu ujian dari Allah agar kita senantiasa mengingat Allah.

Ayat Al-Quran yang Menjelaskan Tentang Kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Rajiun”

Ayat yang menjelaskan tentang ucapan belasungkawa yang berbunyi “Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”, ketika kerabat, saudara atau keluarga Anda yang tertimpa musibah tercantum di dalam Al-Quran pada Surat Al Baqarah ayat 156 yaitu.

ٱلَّذِينَ إِذَ أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌۭ قَالُوا۟ إِنَّا لِلَّٰهِ وَإِنَّ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Artinya:

(yaitu) orang-orang yang jika tertimpa musibah, mereka mengucapkan: “Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun” (sesungguhnya kami yang bernyawa adalah kepunyaan Allah dan hanya kepada Allah juga kami kembali). 

Doa untuk Orang yang Meninggal

Tujuan Mendoakan Orang yang Meninggal

Mendoakan orang yang meninggal memiliki manfaat yaitu menolong orang yang sudah meninggal. Hal ini dikarenakan orang yang telah meninggal dan sudah ada di dalam kubur ini diibaratkan layaknya orang tenggelam yang membutuhkan pertolongan yaitu berupa doa.

Doa yang ditujukkan untuk orang yang meninggal memiliki makna yang lebih baik dibandingkan dunia seisinya. Rasulullah juga mengatakan jika siapa saja yang menolong orang yang sudah meninggal dan membacakan ayat-ayat Al-Quran dan zikir Allah akan memastikan surga baginya.

Lafaz Doa untuk Orang yang Meninggal

Selain mengucapkan kalimat “Innalillahi Wa Innailaihi Raajiuun”  dan mengucapkan ucapan belasungkawa, ada baiknya jika Anda juga memanjatkan doa kepada orang yang telah meninggal. Berikut adalah bacaan doa dalam tulisan Arab, latin dan artinya juga.

إنَّا ِللهِ وإنَّا إلَيْهِ رَاجِعُوْن وَإِنَّا إليَ رَبِّنِا َلمُنْقَلِبُون

الَلهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ ِفي اُلمحِسنِينِ وِاجْعَلْ ِكتابَهُ ِفي ِعلّيِّين

وَاْخلُفْهُ في أَهْلِهِ في الغَابِرين

وَلا تحَرِْمْنا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَه

Innalillahi wa innailaihi raajiuun wa innaila rabbina lamunqalibun 

Allahumma uktubhu ‘indaka fil muhsinin waj’al kita bahu fi ‘illiyyin

Wakhlufhu fi ahlihi fil ghabirin

Wala tahrimna ajrahu wala taftinna ba’dahu

Artinya:

“Sesungguhnya kami milik Allah Swt. dan kepada Allah-lah kami kembali dan kepada Tuhan kami semua akan kembali. Ya Allah! Tulislah dia (orang yang meninggal dunia) termasuk ke dalam golongan orang-orang yang pergi dengan ketaatan padaMu.”

Nah, itulah penjelasan mengenai ucapan belasungkawa Islam yang bisa Anda lakukan. Anda juga bisa mendoakan orang yang sudah meninggal agar bisa membantu dia di alam kubur. Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *