5 Makanan khas Lampung Penghilang Dahaga

makanan-khas-lampung
Durian Kopi Luwak

berkatakita.com – Lampung memiliki aneka kuliner yang sangat beragam. Tidak hanya makanan ringan atau camilan saja yang ada, anda pun bisa menemukan berbagai macam makanan berat dan lezat. Bahkan minuman yang mengenyangkan pun bisa anda dapatkan. Tidak hanya mengenyangkan, beberapa minuman khas Lampung menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga. Jika anda berkunjung atau singgah di Lampung, tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas Lampung penghilang dahaga di bawah ini.


1. Durian kopi luwak

Minuman ini tidak hanya akan menghilangkan rasa haus, tetapi juga bisa mengenyangkan perut anda. Selain rasanya yang menyegarkan, buah durian yang dimasukkan ke dalam kopi luwak menambah rasa nikmatnya. Ini adalah minuman unik dari Lampung yang wajib anda coba. Buah durian yang dicampur ke dalam kopi akan memberikan rasa pahit, manis dan sekaligus asam. Aroma kopi menjadi lebih kuat berkat adanya daging durian di dalamnya. Minuman ini banyak dijual di warung kopi di wilayah Lampung.


2. Es kopi luwak

Lampung menjadi daerah yang banyak memiliki pecinta kopi. Hasil kopi dari perkebunan kopi di Lampung pun besar. Kopi luwak menjadi salah satu minuman yang banyak disukai di Lampung. Dan kini ada banyak varian olahan kopi yang nikmat. Salah satu rekomendasi buat adan adalah es kopi luwak. Minuman asal Lampung ini bisa anda dapatkan dengan sangat mudah. Mulai dari warung kopi pinggir jalan hingga restoran, anda akan menemukan menu es kopi luwak.

Segelas es kopi luwak terdiri dari beberapa bahan, diantaranya adalah madu, kopi luwak bubuk dan es batu. Ketiga bahan ini kemudian blender sampai rata. Minuman ini sangat cocok diminum di siang hari. Rasa haus akan hilang, dan mood anda pun akan kembali membaik.


3. Serbat kweni

Mau minuman yang khas dari Lampung? Serbat kweni adalah pilihannya. Selain nikmat, rasanya pun menyegarkan. Serbat Kweni terdiri dari gula, es batu dan buah kweni. Karena perpaduan ketiga bahan tersebutlah yang membuat serbat kweni memiliki rasa yang khas. Minuman ini sangat tepat diminum ketika panas di siang hari. Penduduk lokal biasa meminum es serbat kweni setelah memakan ikan goreng atau tempoyak. Cobalah minuman ini ketika berkunjung ke Lampung.


Baca Juga: 6 Makanan Khas Semarang yang Terbaik dan Wajib dicoba

4. Es kopi jelly

Kalau bicara soal minuman khas Lampung, maka anda akan selalu dihadapkan dengan kopi. Es kopi jelly bisa menjadi menu yang tepat untuk mengurangi rasa dahaga anda. Sesuai namanya, minuman ini terdiri dari es batu, kopi dan jelly yang berbentuk dadu. Untuk menemukan es Kopi Jelly, anda bisa menikmatinya di kafe, depot atau penjual pinggir jalan di Lampung.


5. Es kacang merah

Makanan khas Lampung lainnya yang mampu mengurangi rasa dahaga anda adalah es kacang merah. Minuman ini sangatlah menyehatkan karena terdiri dari bahan yang baik berupa kacang merah. Kuliner ini juga bisa mengurangi rasa lapar. Paling cocok anda menikmatinya saat cuaca sedang panas-panasnya, dijamin menyegarkan. Adapun bahan-bahan lengkap minuman ini adalah air, es batu serut, gula pasir, kacang merah, santan, daun pandan dan susu kental manis. Rasanya unik. Selain manis, anda akan menemukan sensasi gurih dari es kacang merah.


Nah, itulah 5 makanan khas Lampung yang tidak hanya mengurangi rasa lapar tetapi juga dahaga anda. Untuk mendapatkan kepuasan yang sebenarnya, nikmati kuliner tersebut di kala cuaca panas. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *