5 Keutamaan Mengamalkan Doa Nabi Yunus

keutamaan-doa-nabi-yunus


BerkataKita.com Namanya manusia, pasti tidak akan pernah lepas dengan yang namanya permasalahan. Psychology Today mengungkapkan, bahwa ada banyak sekali tantangan yang menguji keberanian emosional seseorang. Contohnya saja penyakit, rasa sakit, kesedihan, pekerjaan, perceraian, rasa takut, hingga kematian.

Untuk bisa keluar dari setiap permasalahan yang dihadapi, diperlukan banyak pertimbangan dan keberanian untuk keluar dari tiap permasalahan yang ada. Akan tetapi, jika Anda masih dalam keterbatasan akal, pikiran buntu, maupun hati yang sedang gundah. Sudah saatnya, Anda berpasrah diri kepada Allah SWT dengan memanjatkan doa dengan penuh harapan.

Doa Nabi Yunus

Berbicara mengenai ujian yang selalu dihadapi manusia. Ternyata, masalah yang besar juga pernah dihadapi oleh seorang Nabi, salah satunya adalah Nabi Yunus. Saat itu, Nabi Yunus ditelan oleh ikan yang besar. Dihadapkan dengan masalah berat, saat kesulitan bernafas di dalam perut ikan, serta gelapnya laut yang membuatnya tidak bisa melihat apapun.

Dengan kondisi tersebut, Nabi Yunus berdoa dengan khusyuk kepada Allah dan terus berdzikir terus-menerus saat berada di dalam perut ikan. Nabi Yunus juga berpasrah diri, bahwa semua yang menimpanya ini merupakan ujian dari dakwah yang harus beliau hadapi. Berikut ini doa dan dzikir yang dilantunkan Nabi Yunus saat berada di perut ikan.

“Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin” 

artinya: “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (Ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya…”

Doa Nabi Yunus dikatakan sangat mustajab. Hal ini dikarenakan dalam doa tersebut berisi pengakuan tentang ketauhidan Allah SWT, pengakuan tentang ke-Mahasuci-an Allah. Dan juga pengakuan mengenai setiap dosa, kedzaliman dan kesalahan yang sudah diperbuat oleh diri sendiri.

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Seperti halnya kebanyakan doa pada umumnya. Ada banyak manfaat yang akan Anda terima jika membaca doa ini dengan rutin. Terlebih lagi jika Anda sedang mengalami suatu masalah yang sulit Anda hadapi. Berikut ini beberapa keutamaan doa Nabi Yunus yang perlu Anda ketahui.

1. Pujian kepada Allah SWT

Sekedar informasi, tujuan utama dari berdoa adalah pernyataan terhadap kekuatan Allah SWT. Sebab, tidak ada kekuasaan yang melebihi kekuasaan Allah SWT. Selain itu, juga memberikan pujian kepada Allah SWT sebagai bentuk penghambat umat-NYA. Allah SWT menyukai hamba-NYA yang selalu memanjatkan doa.

2. Mendapat ampunan Allah SWT

Memanjatkan doa Nabi Yunus, ternyata juga berisi permohonan ampunan dari semua dosa yang sudah pernah dilakukan. Serta berharap untuk menerima ampunan dari Allah SWT setelah melakukan pertaubatan.

3. Mendapat kekuatan untuk menghadapi cobaan

Dalam menjalani hidup, memang tidak akan pernah lepas dengan yang namanya ujian, masalah dan juga cobaan. Sebagai makhluk yang penuh dengan batasan untuk menghadapi setiap masalah yang ada. Mengharapkan bantuan dari Allah SWT melalui doa bisa menjadi jalan yang Anda lakukan untuk mendapatkan kekuatan guna menghadapi masalah tersebut.

4. Dikeluarkan dari Kesulitan

Doa Nabi Yunus yang Anda panjatkan, akan menjadi sumber kekuatan Anda untuk menghadapi dan keluar dari permasalahan yang sedang Anda alami. Allah SWT tidak akan pernah memberikan ujian yang tidak bisa diselesaikan oleh umat-NYA. Selain itu, doa Nabi Yunus juga bisa Anda gunakan sebagai doa keselamatan, saat Anda sedang menghadapi kesulitan.

5. Dikabulkan permintaan atau hajat

Saat berada di dalam perut ikan, Nabi Yunus berdoa kepada Allah SWT untuk diselamatkan. Melihat penyesalan yang ditunjukkan oleh Nabi Yunus, Allah SWT mengabulkan permintaan Nabi Yunus tersebut. Sebab itulah, doa Nabi Yunus ini sering digunakan saat seseorang mempunyai hajat atau permintaan kepada Allah SWT.

Itu dia kelima keutamaan yang akan Anda dapatkan dengan memanjatkan doa Nabi Yunus secara rutin. Baik itu saat menghadapi masalah, cobaan dan juga ujian yang diberikan Allah SWT kepada umat-NYA. Selain itu, doa ini juga bisa Anda panjatkan saat Anda mempunyai hajat tertentu.

Baca juga: Perbedaan Khusnul Khatimah dan Husnul Khatimah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *