6 Makanan Khas Semarang yang Terbaik dan Wajib dicoba

Berkatakita.com – Saat kamu berkunjung ke kota Semarang pastikan tidak melewatkan hidangan kuliner terbaik khas Semarang jika kamu tidak ingin menyesal nantinya.

Berikut dibawah ini 6 makanan khas Semarang terbaik diantaranya yaitu :

1. Nasi Ayam Semarang 

Nasi ayam Semarang merupakan makanan khas Semarang yang paling enak dan pastinya akan membuat ketagihan.

Makanan khas terbaik ini berisikan nasi liwet plus telur rebus ditambah suwiran ayam yang disiram dengan kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan.

Saat mencobanya dijamin rasanya itu akan membuat ketagihan dan ingin memesannya lagi. Jika dilihat sekilas, tampilan makanan khas Semarang ini memang sama dengan nasi liwet Solo.

Tetapi nasi ayam Semarang ini disajikan dengan sate telur puyuh, usus, dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya.

2. Bandeng Presto

Bandeng Presto ini terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto gula untuk melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlalu banyak.

Presto ini sebuah teknik memasak dengan menggunakan tekanan uap air yang tinggi, dan supaya airnya tidak meluap biasanya pancinya itu akan dikunci rapat.

Selain itu juga dibutuhkannya daun pisang untuk memasak dengan cara presto pada bagian bawahnya.

Tetapi ingat sebelum ikan bandengnya dimasak harus dibaluri dulu dengan bumbunya.

3. Tahu Gimbal 

Makanan khas terbaik ini namanya sangat unik. Tahu gimbal terbuat dari olahan tahu dan penyajian gimbal menjadikannya terlihat semakin menarik.

Untuk satu porsinya adanya tambahan potongan lonting dan kol, lalu disiram bumbu kacang plus petis sehingga akan semakin membuat menggugah selera siapa saja yang melihatnya.

Gimbalnya sendiri merupakan sejenis makanan olahan udang yang telah ditepungkan, bisa dibilang bentuknya hampir menyerupai bakwan udang.

Jika kamu ingin menikmati satu porsi tahu gimbal, biasanya akan adanya tambahan kerupuk udang renyah sehingga saat dinikmati terasa semakin lezat dan gurih.

Baca juga: Lagi Nyari Hotel Murah di Semarang? Ini Dia Rekomendasinya

4. Garang Asem 

Garang Asem merupakan makanan khas yang berisikan ayam ditambah kuah santan yang dimasak hingga mengeluarkan aroma memikat yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Kamu harus tahu jika Garang Asem merupakan makanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak didalam bungkus daun pisang lalu ditutup menggunakan lidi.

Supaya lebih nikmat, Garang Asem ini biasanya akan dimasak dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng, dan perkedel.

5. Mie Kopyok 

Mie Kopyok terbuat dari bahan utama mie yang diberi tambahan tetelan daging dan beberapa lauk lainnya.

Satu hal yang membuat Mie Kopyok ini berbeda dari yang lainnya adalah adanya tambahan kerupuk gendar. Kerupuk gendar ini sendiri sejenis kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang sangat gurih dan renyah.

6. Soto Bangkong 

Soto Bangkong juga makanan khas kota Semarang yang tidak main main kelezatannya. Untuk satu porsi soto bangkong didalam mangkuk kecil akan diberi irisan suwiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun, dan juga taburan bawang merah dan putih.

Saat mencicipinya dijamin rasanya itu akan membuat lidah bergoyang dan ingin memakannya lagi dan lagi.

Selain itu masih ada makanan khas Semarang terbaik lainnya Tahu Petis yang pastinya terbuat dari tahu dan petis sebagai bahan dasar pembuatannya.

Biasanya tahu yang diolah akan disayat terlebih dahulu lalu diisi dengan petis. Pastikan mengiris tahunya tidak sampai belah dan juga tidak terlalu padat. Lalu tahu petisnya digoreng hingga garing.

Baca juga: Ini Dia Makanan Khas Malang Yang Patut Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *