Phopi, PNS Wanita Jaman Now yang Hobi Main Skateboard, Motor Trail Sampai dengan Jadi Vokalis Grup Band Hardcore

Phopi
Setiap manusia pastinya memiliki kesenangan atau hobi yang bermacam-macam. Mulai dari yang dianggap kutu buku sampai dengan yang suka musik cadas, juga memiliki hobi yang terkadang digelutinya sampai sekarang. Begitu pula dengan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) bernama Phopi Ratna Agustin ini.
Phopi yang mana sudah resmi menjadi seorang PNS di Kabupaten Bandung Barat ini memiliki hobi yang dapat dikatakan paling ekstrem jika dibandingkan semua PNS di seluruh dunia. Phopi menyukai olahraga ekstrem yang rata-rata dilakukan remaja laki-laki atau para pria dewasa lainnya.
Bahkan ada satu unggahan di account Instagram pribadi Phopi, @phopira, yang kini menjadi viral dan telah ditonton lebih dari 2.1 juta kali, yaitu saat dia meluncur menggunakan papan skateboard di jalanan sepi di sekitaran kompleks kantor Pemnda Kabupaten Bandung Barat.
“Wohoo..Happy skateboarding day 2018. Di video ini saya dedikasikan untuk skateboarding day!! Happy Skateboarding Day 2018 Working..Schooling..Skateboarding hihi..PS: masih libur di kantor, kebetulan pake seragam karena ada kerjaan yang harus diBeresin. Bisa dilihat parkiran dan jalanan masih lengang yaa.. apapun profesinya, bersyukur buat semua sahabat yang masih bisa menikmati dan menjalankan hobby nya,” tulis Phopi sebagai caption dalam vlog di account Instagramnya tersebut.
Phopi sendiri awalnya tidak berharap apapun dengan video unggahannya tersebut karena memang sebagai seorang yang menyukai olahraga satu ini, dia hanya ingin merayakan Skateboarding Day yang jatuh pada tanggal 21 Juni 2018 kemarin dengan berseluncur menggunakan papan skateboard dan merekamnya kemudian mengunggahnya di account Instagram pribadinya. Tanpa disangka, ternyata respon netizen justru sangat positif.
Phopi juga mengatakan bahwa, di hari biasa, dia dan teman-temannya sesama skater kerap meluangkan waktu untuk bermain skateboard di sekitaran Dago, Bandung. Namun pada saat yang bersamaan, di kala Skaterboarding Day tiba, justru dia sedang dalam posisi bekerja. Oleh karena itu, Phopi memilih untuk bermain skateboard sendiri di kompleks tempat kantornya bekerja.

“Awalnya tidak menyangka bisa sampai seperti ini (viral), niat saya hanya ingin merayakan Skateboarding Day saja. Skateboard itu salah satu yang bikin hidup saya lebih hidup,” ujar Phopi.
Walaupun menyukai olahraga skateboard, namun Phopi mengaku bahwa dia tidak ikut dalam komunitas skateboard tertentu karena menurutnya hobinya ini lebih dapat dinikmati jika dia tidak terkungkung pada satu lingkup dan dia dapat melakukannya kapan dan di mana serta dengan siapa saja.
Phopi menceritakan bahwa dia menyukai olahraga ekstrem sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) atau jauh sebelum dia diterima menjadi pegawai di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Bandung Barat itu. 
Bahkan, tidak hanya skateboard saja, Phopi juga terkadang berkeliling di sekitaran Bandung menggunakan motor trail.
Selain olahraga ekstrem dan juga sebagai PNS, Phopi juga menjadi seorang vokalis band bergenre hardcore, Lose It All. Nampak juga dalam account Instagramnya ada unggahan foto ketika dia manggung bersama bandnya tersebut.
Tentunya menjadi satu pemandangan yang terasa aneh jika apa yang menjadi hobi Phopi ini dibenturkan dengan imej seorang PNS. 
Namun menurut Phopi, justru harus ada perubahan untuk dapat mengubah imej stereotype PNS yang kaku dan tertata pada patternnya itu. 
“Hidup jangan terlalu kaku, tidak perlu terikat pencitraan. Nikmati hidup dengan hal-hal yang menyenangkan untuk diri sendiri dan orang lain,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *