4 Tips Sehat Ala Rasulullah

Inilah Tips Sehat a la Rasulullah yang Bisa Kamu Praktekkan Setiap Hari

Sehat ala Rasulullah merupakan sebuah pedoman yang perlu diikuti oleh umat muslim seluruh dunia. Apalagi, cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW ini tidak terbatas pada berbagai hal atau budaya di daerah tertentu. Siapapun bisa melakukannya selama orang tersebut memang ingin mengikutinya.

Untuk mengetahui apa saja tip sehat ala Rasulullah yang bisa kamu praktekkan setiap hari, simak ulasannya di bawah ini.

1.     Konsumsi Makanan Halal dan juga Bergizi


Tips sehat ala Rasulullah pertama yang bisa kamu coba adalah selalu konsumsi makanan halal dan juga bergizi. Selama hidupnya, beliau selalu mematuhi dasar-dasar hukum islam seperti tidak mengkonsumsi makanan haram. Sebab, ketika Allah SWT sudah memberi larangan, maka sudah pasti itu tidak baik untuk tubuh.

Allah SWT berfirman:

“Hal orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS Al-Baqarah: 172).

Rasulullah SAW mempunyai pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Contohnya seperti makan kurma, madu, zaitun, dan sejenisnya. Bahkan Rasulullah juga bersabda :

“Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa, maka pada hari itu dia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR Bukhari dan Muslim)

2.     Selalu Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Nabi Muhammad SAW merupakan seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Beliau juga mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Maka dari itu, tidak heran jika Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut walaupun makan dengan menggunakan tangan.

Diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, disebutkan:

“Aku berkata: Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?”. Nabi Muhammad pun menjawab: “Sempurnakan wudhu-mu dan sela-sela antara jari-jemarimu, dan bersungguh-sungguhlah dalam memasukan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.”

3.     Selalu Membaca Doa dan Menggunakan Tangan kanan

Tips sehat ala Rasulullah yang bisa kamu praktekkan adalah selalu membaca doa dan menggunakan tangan kanan. Tujuannya adalah agar makanan yang dikonsumsi lebih berkah, menjadi obat, dan tidak membuat seseorang menjadi rakus.

Berhubungan dengan penggunaan tangan, makan dengan tangan kiri memang tidak bagus. Hal itu dikarenakan tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim sehingga bakteri bisa bersarang di dalam jari-jari.  Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda :

“Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika dia minum, maka minumlah dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim).

4.     Makan Ketika Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang adalah salah satu tips sehat ala Rasulullah yang bisa kamu praktekkan setiap hari. Hal tersebut juga sudah dijelaskan oleh Allah SWT yang berfirman: “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al-A’raf: 31).

Di dalam hadits lain juga diterangkan bahwa : “ Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Demikian tips sehat ala Rasulullah yang bisa kamu praktekkan setiap hari. Semoga informasi satu ini bisa memberikan banyak manfaat untuk pembaca semuanya.

Baca juga: Doa Nabi Sulaiman, Apa Saja Jenis dan Ibrohnya?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *