Beberapa Kuliner Yang Lezat Khas Dari Banten

Beberapa Kuliner Yang Lezat Khas Dari Banten

Banten ialah provinsi di paling barat Jawa. Banten selain terkenal wilayah alam yang terjaga, Banten menyimpan juga banyak keanekaragaman kuliner. Ragam kuliner khas dari Banten populer untuk kalangan wisawatan dikarenakan banyak yang memiliki rasa lezat. Penasaran kuliner Banten sesuai berita banten ada apa saja, berikut ini ada beberapa di antaranya. 

Sate Bandeng

Di wilayah Banten, ada sate khas yang bukan dari bahan daging ayam atau pun sapi melainkan dengan memakai ikan bandeng. Bandeng yang dipakai melalui proses yang cukup panjang agar bisa melunakkan tulang dan durinya dan bisa dihidangkan sebagai Sate Bandeng. Ikan bandeng lunak dicampur dengan ragam bumbu dan dibentuk dengan bentuk demikian rupa. Baru setelah itu Sate Bandeng ditusuk memakai batang bambu lalu dibakar.


Angeun Lada

Ada juga Angeun lada yang merupakan makanan khas dari Banten lain yang bahan dasarnya ialah daging kerbau atau sapi. Daging dimasak pada kuah santan yang kaya rempah hingga bumbunya meresap. Ada pun cita rasa kuliner angeun lada ini yang cenderung pedas, dan sesuai nama makanan tersebut. Angeun Lada memiliki arti sayuran berkuah pedas. Biasanya Angeun lada hadir pada perayaan adat khas Banten. Angeun Lada biasanya dimasak juga beramai-ramai sehingga dengan porsi banyak sekaligus.


Rabeg

Rabeg dibuat dengan bahan daging kambing, hidangan rabeg Banten ialah makanan yang bisa dibilang terpengaruh kuliner Arab. Rabeg sangat cocok disantap bersama dengan nasi kebuli. Seperti yang kita ketahui nasi kebuli tersebut merupakan hidangan khas Arab. Ada daging kambing untuk dibuat rabeg dan harus dimasak cukup lama agar aroma prengus kambing bisa hilang. Agar bumbu Rabeg meresap juga secara maksimal sampai ke bagian dalamnya. Cita rasa kuliner Rabeg ini lumayan pedas, karena kandungan jahe dan cabai pada bumbunya yang cukup banyak.


Gerem Asem

Sesuai dengan namanya, maka gerem asem ini mempunyai cita rasa pedas asam yang khas. Gerem Asem dibuat dengan bahan daging ayam, bisa juga memakai daging bebek. Daging ayam tersebut dimasak bersamaan dengan kuah yang kaya rempah. Pada saat penyajian Gerem Asem, daging ayam dibakar dulu sampai harum. Lalu setelah itu, daging tersebut disiram dengan memakai kuah pedas nikmat ditambah juga dengan jeruk nipis.


Pecak Bandeng

Istilah Pecak itu sendiri mengacu pada sambal khas dari Banten yang mempunyai rasa pedas. Sambal ini terbukti cocok jika dipadukan dengan ikan bandeng goreng yang kering dan dibumbui asinan Banten. Pecak Bandeng pada awalnya merupakan menu petani untuk makanan bekal. Namun karena dari rasanya yang sangat lezat serta pembuatan Pecak Bandeng juga cukup mudah, maka hidangan ini disukai oleh banyak orang. Orang dari luar Banten bahkan banyak yang menggemari Pecak Bandeng ini.


BACA JUGA : CHINESE FOOD SEMARANG


Sayur Besan

Istilah Sayur Besan mengacu pada makanan ini yang disajikan pada saat acara pernikahan atau pun prosesi lamaran. Lebih uniknya dari Sayur Besan yaitu perlu mengandung empat macam bahan pokok. Ada bihun, trubuk, petai, dan kentang. Hidangan Sayur Besan ini dianggap sebagai suatu simbol hubungan persaudaraan erat pasca pernikahan.


Ketan Bintul

Lalu yang terakhir adalah Ketan bintul yang juga khas Banten. Biasanya Ketan Bintul selalu muncul pada saat Ramadhan tiba. Ada ciri khas dari ketan bintul yaitu taburan serundeng serta kacang halus lezat. Ketan Bintul yang memiliki cita rasa gurih tersebut menjadi menu kesukaan banyak orang terutama saat buka puasa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *