Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Efektif

Saat kamu akan melamar suatu pekerjaan, kamu akan membutuhkan surat lamaran kerja. Surat yang kamu buat harus merinci pada kualifikasi spesifik kamu, dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar juga keterampilan yang kamu punya. Surat lamaran kerja merupakan kesempatan untuk menyoroti kualifikasi dan pengalaman kamu. Untuk meningkatkan peluang kamu mendapatkan wawancara, maka kamu harus membuat surat lamaran yang efektif.

Apa Itu Surat Lamaran?

Surat lamaran adalah sebuah dokumen yang dikirim untuk memberikan informasi tambahan mengenai keahlian dan pengalaman kamu kepada pihak perusahan atau pemberi kerja. Dalam surat lamaran pekerjaan ini memberi kesempatan kepada kamu untuk mempromosikan diri kepada pemberi kerja. Misalnya menjelaskan mengapa kamu adalah kandidat ideal untuk suatu posisi tertentu.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran pekerjaan ini akan kamu butuhkan ketika melamar pekerjaan. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan. Lalu bagaimana cara menulis surat lamaran pekerjaan tersebut? Nah dalam pembuatannya ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, jadi tidak boleh asal membuat saja. Sehingga. penting sekali untuk kamu memperhatikan format, agar sesuai dengan pedoman standar dan manajer perekrutan. Pada surat lamaran kerja terdapat beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.

Tanggal surat. Biasanya terdiri dari kota tempat surat itu dibuat dan tanggal dibuatnya. Penulisan tanggal surat ini biasanya diletakkan dipojok kanan atas. Kemudian dalam penulisanya kamu harus memperhatikan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). 

Perihal/hal. Sering kali pada bagian ini diartikan sebagai judul surat. Namun jika kita mengacu pada definisi dalam KBBI kata perihal diartikan sebagai keadaan bukan berarti judul. Oleh karena itu jika perihal atau hal diartikan sebagi judul itu kurang tepat. Jadi, perihal adalah hal yang dibahas atau dipersoalkan yang menjadi inti surat. Penulisan yang benar juga tetap sesuai dengan EYD yaitu cukup ditulis kapital pada huruf awal di setiap kata. 

Lampiran. Berfungsi untuk menerangkan jumlah berkas/dokumen lain yang dilengkapi dalam surat lamaran, yang ditulis setelah perihal.

Alamat surat. Pada bagian ini harus mencantumkan pihak yang dituju oleh pelamar pekerjaan. Kemudian cantumkan alamat yang lengkap dimana posisi perusahaan tersebut. Penulisan alamat surat jangan melebihi tiga baris. 

Salam pembuka. Biasanya pada bagian ini dituliskan dengan kalimat berikut yang diakhiri dengan tanda koma (,).

Isi surat. Pada bagian ini terdapat beberapa bagian, yaitu bagian pembuka, isi surat dan penutup. 

Pada bagian pembuka harus tercantum sumber informasi lowongan pekerjaan, tanggal website atau sumber informasi tersebut dibaca, posisi yang dilamar,  dan pernyataan bahwa kamu akan melamar.

Isi surat. Pada bagian ini, tuliskan informasi data diri atau biodata yang meliputi nama, tanggal lahir, nomor telepon dan email, pendidikan terakhir dan alamat. Usahakan pada bagian ini kamu mencantumkan biodata yang penting saja.

Penutup. Pada bagian penutup surat, biasanya berisi ucapan terima kasih. Sebaiknya kamu gunakan kalimat yang benar dan sesuai dengan EYD. 

Salam Penutup, pada bagian ini seperti pada salam pembuka. Biasanya pada bagian ini dituliskan dengan kalimat berikut yang diakhiri dengan tanda koma (,): 

Hormat saya,

Tanda tangan dan nama jelas. Bubuhkan tanda tangan kamu dan tuliskan nama lengkap kamu.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Agar lebih jelas dan untuk memudahkan kamu dalam menulis surat lamaran pekerjaan, berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat kamu gunakan untuk melamar pekerjaan.

Tasikmalaya, 25 Juli 2021

Hal             : Lamaran Pekerjaan

Lampiran     : Satu Berkas

Yth.

Bapak/Ibu HRD Tunggal Mulia

Jalan Tebet Barat Dalam Raya

Dengan hormat, 

Sehubungan dengan informasi lowongan yang saya dapatkan dari media sosial (Whatsapp) pada tanggal 23 Juli 2021, perusahaan Bapak/Ibu sedang membuka lowongan pekerjaan. Maka dari itu, saya bermaksud mengajukan lamaran di perusahaan Bapak/Ibu sebagai Staf Administrasi. Berikut adalah data diri singkat saya:

Nama : Sanjaya Adi Hyuga, S.E

Tempat Tanggal Lahir : Tasikmalaya, 25 Agustus 1998

Alamat Domisili : Jalan Cipondok No.5 Tasikmalaya

No.Hp & E-mail : 0815-6663-9807 – sanjayaadihyuga@gmail.com

Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi Syariah Universitas Siliwangi

Saya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan disiplin dalam bekerja. Bersamaan dengan surat ini saya lampirkan berkas-berkas kelengkapan data:

Curriculum Vitae (CV)

Scan ijazah terakhir

Scan tanskrip nilai

Dokumen terkait

Demikian surat lamaran kerja ini saya ajukan, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sanjaya Adi Hyuga. S.E

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *