5 Film Animasi Edukatif Dan Inspiratif

film animasi edukatif inspiratif


berkatakita.com – Film kartun atau animasi dari sejak dahulu memang identik sebagai tontonan anak anak. Tetapi film animasi yang hadir saat ini digemari juga oleh orang dari berbagai kalangan usia. Sehingga tidak semua film animasi layak ditonton oleh anak anak. Adanya beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan memilih film animasi yang terbaik bagi anak anak, terlebih tentang karakter ataupun jalan ceritanya. Sebaiknya menyeleksi film film animasi yang kemungkinannya mengandung scene perkelahian, kata kata kotor, atau perilaku buruk lainnya. 

Selain memilih film animasi yang mencantumkan keterangan usia tetapi juga memilih yang memiliki nilai edukasi dan kisah yang inspiratif. Dengan begitu nantinya si kecil dapat meneladani karakter baik sang tokoh utama dan memahami pesan moral yang ingin disampaikan dalam film animasi yang ditontonnya. Berikut dibawah ini 5 film animasi edukatif dan inspiratif diantaranya yaitu : 

  1. Upin Dan Ipin

Film animasi terbaik yang diproduksi oleh Les Copaque Malaysia ini sudah bertahun tahun ditayangkan di Indonesia. Film animasi “Upin dan Ipin” ini juga di Indonesia mendapat rating sangat tinggi. Dalam film animasi ini, sebagain besar adegannya banyak mengandung edukasi baik tentang persahabatan, adab terhadap orang tua, toleransi, ataupun budaya dan agama. Diceritakannya anak kembar Upin dan Ipin beserta kawan kawannya di satu desa yang bernama Kampung Durian Runtuh. 

  1. Pada Zaman Dahulu 

Film animasi “Pada Zaman Dahulu” yang juga diproduksi di Malaysia ini juga sangat menarik untuk disaksikan. Anak anak saat menontonnya akan merasa seperti sedang didongengi oleh sang kakek. Dihadirkannya kisah kisah para binatang lucu yang dapat diambil pelajaran pada setiap episodenya. Sebagai contoh diajarkannya anak anak untuk bisa bersikap tidak sombong, bersikap rendah hati, serta selalu berkata jujur. 

  1. Nussa

Film animasi karya anak bangsa ini juga mendapatkan respon yang baik sejak dirilis untuk pertama kalinya di akun YouTube Nussa Official. Pusat cerita film animasi ini pada kisah kakak adik yaitu Nussa dan Rara yang sangat inspiratif. Pesan dalam film animasi ini juga dapat mengedukasi anak anak muslim untuk rajin beribadah. Selain itu juga adanya lagu lagu islami yang dikemas dengan sangat baik sehingga anak anak mudah menghapalnya. 

  1. Tayo: The Little Bus

Petualangan Tayo sebuah bus lucu bersama kawan kawannya juga dapat menjadi tontonan yang baik untuk anak anak. Saat menonton film animasi “Tayo : The Little Bus” ini, anak anak akan diperkenalkan dengan jenis jenis kendaraan dan aturan lalu lintas. Cerita didalam film animasi ini juga ingin mengajarkan anak anak untuk saling membantu sesama teman. 

  1. Toy Story

Film animasi “Toy Story” ini menceritakan tentang petualangan Woodie dan kawan kawannya. Sebenarnya tujuan awal dibuatnya film animasi ini adalah ingin mengajarkan anak anak untuk bisa mencintai dan merawat mainannya dengan baik dan benar. Sebagaimana yang dipertontonkan dalam film animasi ini bahwa semua mainan yang ada di Toy Story merasa sangat bahagia saat sang pemilik memainkannya. Sebaliknya para mainan tersebut akan merasa sangat sedih saat dirinya dirusak, diabaikan, dan dibuang. 

Selain itu masih ada film animasi edukatif dan inspiratif lainnya yang wajib ditonton anak anak yaitu Finding Nemo. Dengan menonton film animasi ini, anak anak akan diperkenalkan dengan berbagai macam hewan laut serta bisa didapatkannya pesan yang inspiratif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *