6 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Berkatakita.com – Tidak perlu diragukan lagi jika buah naga menawarkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Buah naga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi perkembangan janin.

Tetapi sayang pada kenyataannya belum banyak orang yang mengetahui manfaat buah naga yang banyak.

Seorang wanita saat mengandung tidak hanya bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, tetapi juga dengan kesehatan janin didalam kandungannya.

Oleh karena itu sangat penting untuk ibu hamil selama masa kehamilannya mengkonsumsi banyak buah dan sayuran. Buah naga merupakan salah satu buah yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Lalu manfaat apa yang bisa didapatkan ibu hamil saat mengkonsumsi buah naga? Berikut dibawah ini 6 manfaat buah naga untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

1. Sumber Vitamin C

Sangat penting bagi ibu hamil mengkonsumsi vitamin C selama masa kehamilannya. Karena vitamin C ini sangat dibutuhkan janin untuk melindungi dan menjaga kesehatan sel, dan juga membentuk kolagen didalam tulang, otot, kulit, dan juga pembuluh darah.

Vitamin C juga dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Tetapi para ibu hamil harus tetap bijak dalam mengkonsumsi vitamin C ini.

Karena jika mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan selama kehamilan bisa meningkatkan resiko kelahiran prematur.

2. Sumber Karbohidrat

Wanita hamil disarankan setiap harinya itu mengkonsumsi 9 hingga 11 porsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Pasalnya karbohidrat ini berfungsi sebagai sumber energi bagi ibu hamil dan bisa membantu pertumbuhan janin.

Ibu hamil bisa mendapatkan sumber karbohidrat alami tersebut dari buah naga. Pada daging buah naga terkandung karbohidrat sekitar 11 gram atau 62 kalori per takaran saji.

3. Antioksidan

Dengan mengkonsumsi antioksidan saat hamil maka akan dapat membantu menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, mencegah partumbuhan sel kanker, membantu perkembangan otak janin, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ada beberapa jenis antioksidan yang terkandung didalam buah naga seperti betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid.

Baca juga: Berikut Ini Cara Menghitung Masa Subur Pria

4. Sumber Serat

Disetiap harinya ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 hingga 35 gram. Dengan mengkonsumsi serat yang cukup maka dapat membantu ibu hamil terhindar dari sembelit dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Pada 100 gram buah naga terkandung serat sebanyak 3 gram.

5. Kandungan Zat Besi

Ibu hamil juga penting untuk memenuhi kebutuhan zaat besi. Karena zat besi ini memiliki peranan penting dalam pertumbuhan janin.

Selain itu juga mengkonsumsi zat besi yang cukup maka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah anemia pada ibu hamil.

Disetiap harinya ibu hamil membutuhkan setidaknya 27 mg zat besi. Dengan mengkonsumsi buah naga ini, ibu hamil bisa mencukupi kebutuhan zat besinya.

Pasalnya buah naga ini mampu menyuplai 10,6 persen kebutuhan zat besi setiap harinya. Kekurangan zat besi selama masa kehamilan bisa menyebabkan bayi terlahir premature dan juga berat badan bayi
rendah.

6. Sumber Nutrisi Lain

Dan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang terakhir adalah dapat membantu tubuh menghasilkan energi berkat kandungan riboflavin didalamnya.

Janin sangat membutuhkan riboflavin yang dapat membantu pertumbuhan tulang, otot, dan juga saraf bayi.

Biasanya ibu hamil disetiap harinya akan membutuhkan riboflavin sebanyak 1,4 mg. Buah naga tidak hanya mengandung riboflavin tetapi juga mengandung tiamin yang dibutuhkan janin. Fungsi tiamin adalah membantu perkembangan otak.

Yang perlu diingat ibu hamil saat mengkonsumsi buah naga adalah tidak berlebihan atau jumlahnya cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *