Seperti Inilah Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Berkatakita.com – Berdasarkan dari hasil survey yang dilakukan pada bulan lalu, yang menyebutkan bahwa 6 dari 10 orang Indonesia itu gemar mengonsumsi makanan-makanan cepat saji atau junkfood.

Melihat akan hal itu, maka tak heran juga jika Indonesia merupakan salah satu Negara dengan penderita obesitas (berat badan berlebihan) terbanyak di dunia.

Selain gemar mengonsumsi makanan cepat saji, ternyata masih ada lagi berbagai faktor yang bisa memicu masalah obesitas.

Faktor apa sajakah itu? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Faktor Yang Menjadi Penyebab Obesitas

Faktor pertama yang menjadi penyebab dari obesitas, yakni karena kurang tidur. Selain pada orang dewasa, dampak yang satu ini juga bisa dialami oleh anak-anak yang berusia 5 tahun lho.

Pasalnya, kekurangan tidur itu akan memicu terjadinya perubahan hormone sehingga nafsu makan akan semakin bertambah.

Selain kekurangan tidur, faktor keturunan juga dapat memicu terjadinya masalah obesitas.

Contohnya, jika orangtuamu memiliki riwayat obesitas, maka kemungkinan juga kamu akan terkena obesitas.

Selain itu, adanya gangguan hormone dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya obesitas. Ya, hormone gherlin pada orang penderita obesitas itu tidak berfunsgi secara maksimal, sehingga ia akan merasa lapat terus.

Padahal, hormone gherlin tersebut bertugas untuk mengatur rasa kenyang. Kelainan hormone pada orang obesitas ini biasa disebut hormone leptin, yang juga dapat membuat otak tidak mampu membaca hormonnya.

Tak hanya kelainan hormone, faktor kebiasaan dari masa kecil pun sangat beresiko terhadap masalah obesitas, seperti bayi yang lebih banyak minum susu formula ketimbang ASI.

Mengapa demikian? Pasalnya, kandungan pada susu formula akan mempengaruhi pembentukan bakteri di usus, yang nantinya akan berpengaruh terhadap proses penyimpanan lemak di dalam tubuh.

Faktor berikutnya yang dapat memicu masalah obesitas, yakni mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat antidepresan, obat antikonvulsan, obat diabetes, pil kontrasepsi, obat penurun tekanan darah, dan obat steroid.

Pada organ pencernaan dalam tubuh, ada beberapa jenis bakteri yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan.

Namun pada penderita obesitas, jenis bakteri tersebut sangat berbeda dengan orang normal. Ya, bakteri pada penderita obesitas akan bekerja lebih cepat dalam mengambil energy dari makanan yang dikonsumsi.

Hasilnya, kadar kalori dari makanan tadi akan meningkat sehingga tubuh menyimpan lebih banyak lagi lemak.

Menurut informasi yang didapat, faktor psikologis juga bisa menyebabkan masalah obesitas. Bagi sebagian orang, kondisi emosional akan mempengaruhi pola makannya.

Alhasil, mereka kerap melampiaskan emosionalnya tersebut untuk memakan dalam porsi banyak.

Selain faktor psikologis, masalah obesitas ini bisa muncul karena penyakit-penyakit tertentu, seperti hipotiroidisme, resistensi insulin, polycystic ovary syndrome (PCOS), cushing syndrome, dan prader-willy syndrome.

Nah, itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab dari timbulnya masalah obesitas pada seseorang.

Maka dari itu, orang yang memiliki obesitas wajib tahu mengenai cara menurunkan berat badan.

Secara kebetulan juga, pada ulasan kali ini akan memberikan 10 cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

1. Memperbanyak Minum Air Mineral

Cara pertama untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, yakni dengan memperbanyak minum air putih.

Tak hanya menurunkan berat badan, konsumsi air putih ini dapat meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, bagus untuk system pencernaan, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

2. Minum Teh Hijau

Teh hijau kaya akan kandungan serat dan vitamin C yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan, memperlancar metabolisme tubuh & metabolisme lemak, dan mencegah kanker.

Dalam hal ini, kamu diharuskan untuk minum teh hijau sebanyak 2 gelas per hari.

3. Minum Ramuan Madu dan Jahe

Hingga sampai saat ini, madu dan jahe ini selalu diandalkan oleh kebanyakan masyarakat kita untuk mengatasi masalah peradangan tenggorokan dan batuk.

Tak hanya untuk batuk dan radang tenggorokan, ramuan ini juga bisa kamu gunakan untuk menurunkan berat badan secara alami.

Mengenai cara membuat ramiannya, siapkan 1 gelas air hangat, campurkan dengan 2 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe kedalamnya, lalu minum ramuan tersebut sampai habis.

4. Meminum Ramuan Teh Jeruk Nipis

Selain ramuan madu dan jahe, ramuan teh & jeruk nipis juga tidak kalah ampuhnya dalam menurunkan berat badan secara alami lho.

Cara membuat ramuannya seperti dibawah ini:

  • Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh bubuk
  • Siapkan 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduah teh dengan air panas, lalu campurkan perasan air jeruk nipis kedalamnya
  • Minumlah sampai habis dan secara rutin.

5. Lakukan Olahraga Yoga

Seperti yang dikutip dari salah satu situs kesehatan ternama Indonesia, yang menyebutkan bahwa gerakan yoga bisa membantu untuk menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga bisa melancarkan system pencernaan dan lemak di perut.

Sedari itu, kamu harus melakukan gerakan yoga selama 10 – 20 menit setiap harinya.

Baca juga: Wajib Kamu Coba! Inilah Cara Membuat Masker Wajah Alami dengan Mudah

6. Lakukan Gerakan Kardio

Gerakan kardio ini meliputi beberapa jenis olahraga ringan seperti berlari, bersepeda, berenang, senam, aerobic, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan olahraga kardio, tentunya dapat melatih otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan, hingga pundak.

Tak harus dengan durasi lama, kamu hanya perlu melakukan kardio dengan durasi 15 – 30 menit saja.

7. Lakukan Gerakan Sit-up dan Push-up

Tak hanya simple dan dapat dilakukan dimana saja, gerakan sit-up dan push-up ini juga sudah terbukti efektif untuk menurunkan berat badan secara alami.

Kamu hanya perlu melakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up per harinya. Jika sanggup, maka kamu harus tingkatkan lagi intensitas latihan gerakan ini setiap harinya.

8. Kurangi Kuliner Yang Manis-manis

Selain merusak gigi, kuliner yang manis-manis juga dapat mengundang berbagai masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, kolesterol tinggi, candu, dan obesitas.

Tak hanya kuliner manis, minuman-minuman bersoda pun mempunyai kandungan gula tinggi yang bisa menimbulkan masalah obesitas.

9. Perbanyak Frekuensi Makan, dan Kurangi Porsi Makan

Perlu kalian ketahui, bahwa maksud dari tips ini adalah memperbanyak frekuensi makannya dan bukan pada porsi makannya.

Dengan kata lain, kamu harus makan nasi sebanyak 3 piring per hari dengan porsi kecil. Disamping itu, kamu pun harus mengurangi atau menghindari makanan-makanan cepat saji.

Sebab kadar MSG (micin) pada makanan cepat saji itu cukup tinggi, yang pastinya akan memicu berbagai permasalahan kesehatan seperti hipertensi, amandel, dan obesitas.

10. Konsumsi Makanan-makanan Yang Kaya Serat

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, yakni dengan mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan.

Itulah 10 tips mengenai cara menurunkan berat badan dalam waktu singkat, yang tentu saja harus kamu praktekan sendiri.

Baca juga: Kanker Serviks: Definisi, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *