Doa untuk Orang Tua yang Masih Hidup, Agar Selalu Selamat

Mendoakan orang tua merupakan salah satu bentuk bakti seorang anak kepada orang tuanya. Doa yang tulus dan ikhlas diyakini dapat mendatangkan keberkahan dan kebahagiaan bagi orang tua, baik di dunia maupun di akhirat. Berikut beberapa doa Islam yang dapat dipanjatkan doa untuk orang tua yang masih hidup.

1. Doa Mohon Ampunan dan Kasih Sayang

Arab-Latin: Rabbighfir lī wa li walidayya warham huma kama rabbayani shaghīrā.

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil.”

2. Doa Mohon Kebaikan dan Kesejahteraan

Arab-Latin: Allahumma aḥsin biwālidayya kamā aḥsanā bī ḥīna ṣaghīrā.

Artinya: “Ya Allah, berbuat baiklah kepada kedua orang tuaku sebagaimana mereka berbuat baik kepadaku di waktu aku kecil.”

3. Doa Mohon Panjang Umur dan Kesehatan

Arab-Latin: Allahumma ʾaṭṭil ḥayātahuma waṣḥḥiḥ ajsādahuma waʿāfihīmā min kulli dāʾin waʿāfihīmā min kulli suʾin.

BACA JUGA : Doa Mancing Ikan yang Baik dan Benar, Menurut Alquran

Artinya: “Ya Allah, panjangkanlah usia mereka berdua, sehatkanlah tubuh mereka berdua, dan sembuhkanlah mereka berdua dari segala penyakit dan segala keburukan.”

4. Doa Mohon Hidayah dan Keistiqomahan

Arab-Latin: Allahumma ihdinā wa ihdi wālidaynā wa ijmaʿīnā ʿalā al-ḥaqqi wa ʾat-taqwā.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami hidayah dan berilah hidayah kepada kedua orang tua kami dan kumpulkanlah kami semua di atas kebenaran dan ketakwaan.”

5. Doa Mohon Kemudahan dan Keberkahan

Arab-Latin: Allahumma yassir ʿalā wālidayya amrahumā wa yassir lahumā rizqahumā wa bārik lahumā fī ʿumrihimā wa ajsādihimā wa ahlīhimā wa amwālihimā.

Artinya: “Ya Allah, mudahkanlah urusan kedua orang tua kami, mudahkanlah rezeki mereka berdua, dan berkahilah mereka berdua dalam usia mereka, tubuh mereka, keluarga mereka, dan harta mereka.”

Itulah doa untuk orang tua yang masih hidup, doakanlah orang tua dengan tulus dan ikhlas. Selain itu, panjatkan doa dengan penuh keyakinan dan harapan. Lalu, sisipkan doa untuk orang tua di setiap doa yang dipanjatkan. Baiknya, melakukan amalan-amalan sholeh sebagai bentuk bakti kepada orang tua.

Mendoakan orang tua yang masih hidup merupakan suatu kewajiban dan keutamaan bagi seorang anak. Semoga doa-doa yang dipanjatkan dikabulkan Allah SWT dan orang tua kita selalu mendapatkan limpahan rahmat dan kasih sayang-Nya.

BACA JUGA : 5 Ucapan Isra Miraj 2024 Untuk Sesama Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *