Teori Konspirasi Terpopuler

Baca Teori Konspirasi Terpopuler Sepanjang Masa, Seru!

Sumber: BBC

Teori Konspirasi tidak pernah ada habisnya. Tiap kali ada peristiwa yang populer di dunia maka akan bermunculan teori konspirasi.

Selalu ada pro dan kontra setiap kali teori konspirasi muncul. Meskipun begitu teori konspirasi selalu menarik untuk dibahas.

Berikut dibawah ini teori konspirasi terpopuler yang tidak pernah bosan untuk dibahas. Silahkan disimak dengan baik!

Pengertian Teori Konspirasi

Sebelum membahas tentang teori konspirasi terpopuler kamu perlu memahami tentang teori konspirasi itu sendiri. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata  konspirasi merupakan persekongkolan atau komplotan.

Dari arti kata konspirasi tersebut maka bisa diartikan bahwa konspirasi adalah sesuatu yang mengisyaratkan tentang perbuatan yang salah dan ilegal dilakukan oleh konspirator. Jadi, bisa disimpulkan teori konspirasi adalah teori yang menjelaskan penyebab utama dari sebuah peristiwa atau dari beberapa peristiwa.

Contoh-contoh Teori Konspirasi Populer, baca disini yuk:

1. Bulan Tidak Nyata

Sumber: Kompas.com

Teori Konspirasi tentang bulan tidak nyata pertama kali diungkapkan oleh David Icke seorang mantan pemain bola, publik speaker, dan sekaligus penulis buku. Menurut pendapatnya menyatakan bawah bulan tidaklah nyata.

Icke mengungkapkan bahwa bulan tidaklah nyata yang awalnya terinspirasi dari seorang penulis asal Amerika. Menurut penulis tersebut tersebut ukuran bulan dinilai aneh.

Dari teori konspirasi tersebut david icke meyakini bahwa ada sebuah sistem kontrol yang membuat perasaan manusia termanipulasi terhadap sebuah realitas. Perasaan manusia yang termanipulasi tersebut menjadi manusia ras dan budak.

Oleh karena icke menyebutkan bahwa semua hal yang ada di dunia ini dibangun atas dasar kebohongan yang membuat manusia percaya.

2. Manipulasi Cuaca

Sumber: Tek.id

Teori Konspirasi populer berikutnya yaitu tentang manipulasi cuaca yang muncul pertama kali pada tahun 1993. Teori ini muncul ketika badan proyek penelitian serta pertahanan Amerika Serikat Menggandeng militer Amerika Serikat dan Universitas Alaska. 

Dari peneliatan tersebut terdapat program yang disebut High Frequency Active Auroral Research Program atau HAARP. Program HAARP ini dirasahikan oleh pemerintah AS, sehingga menimbulkan banyak kecurigaan pada publik.

Dari kecurigaan publik tersebut muncullah teori konspirasi yang mengatakan bahwa proyek HAARP adalah proyek starlet yang dapat menimbulkan gempa yang besar sebagai dapat proyeknya. Teori konspirasi lainnya menyatakan bahwa HAARP adalah proyek pemancar besar yang bisa menciptakan tsunami dan tornado.

Kenyataannya teori konspirasi manilupasi cuaca yang dilakukan HAARP cukup benar. Karena program HAARP merupakan program yang dilkukan untuk penyamaian awan agar dapat meningkatkan curah hujan, akan tetapi program HARRP tidak dapat menimbulkan tornado.

3. Serangan Teroris 9/11

Sumber: Tribun

Teori konspirasi populer lainnya adalah tentang seorang teroris 9/11. Peristiwa yang menyesakkan ini menimbulkan banyak teori konspirasi bermunculan di publik dan beberapa diantaranya sangat dipercayai oleh masyarakat.

Teori konspirasi yang santer terdengar adalah di balik serangan teroris 9/11 yang menyebabkan banyak masyarakat tewas karena reruntuhan gedung adalah pemerintah Amerika Sendiri. Teori konspirasi tersebut menyatakan bahwa dalang dibalik kejadian mengenaskan tersebut bukanlah teroris tapi pemerintahan Amerika.

Beberapa teori konspirasi tersebut mengatakan bahwa sebenarnya pemerintah Amerika Serikat sudah tahu akan adanya serangan teroris yang akan menyerang pata 9/11. 

Akan tetapi pemerintah Amerika Serikat menolak untuk melakukan tindakan, yang dilakukan pemerintah Amerika adalah menyakinan masyarakatnya untuk menyatakan perang terhadap Timur Tengah.

Teori konspirasi yang muncul ke publik merupakan sebuah usaha untuk mengungkap peristiwa maupun isi. Cara ini bukanlah cara baru untuk mengungkap fakta sebenarnya yang terjadi.

Beberapa teori konspirasi yang muncul ke publik bahkan dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Oleh karenanya ada beberapa teori konspirasi yang diterbitkan ke dalam sebuah jurnal, film, buku, dan lainnya.

Baca juga: Sekilas Sejarah Berdirinya Muhammadiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *