Inilah Resep Semur Daging dan Tips Mengolahnya, Wajib Coba Dirumah!

Inilah Resep Semur Daging dan Tips Mengolahnya, Wajib Coba Dirumah!


Berkatakita.com – Daging adalah bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Tidak mengherankan, karena daging memang bisa diolah menjadi berbagai macam hal. Mulai dari sate hingga semur daging, semuanya bisa diolah menggunakan bahan utama daging. Daging yang umum digunakan untuk semur daging adalah daging sapi. 

Ada beberapa resep yang bisa digunakan untuk membuat semur daging. Berikut ini adalah salah satu resep semur yang bisa Anda gunakan. 

Baca Juga : Cara Memasak Ayam Kecap Sederhana Ala Rumahan

RESEP SEMUR DAGING

BAHAN-BAHAN

  • ¼ kilogram daging sapi 

  • 1 ruas jahe 

  • 3 sampai 4 butir bawang merah 

  • 2 siung bawah putih 

  • 3 lembar daun jeruk 

  • ¼ sendok teh merica 

  • ½ sendok teh ketumbar 

  • 2 buah kemiri 

CARA MEMASAK

  1. Langkah pertama adalah dengan memotong-motong daging. Pada umumnya, daging akan dipotong-potong menjadi bagian dadu. Semakin kecil bagian, maka akan semakin mudah bumbu meresap dan masakan menjadi matang. 

  2. Cuci bersih semua daging yang sudah dipotong-potong. Tiriskan daging yang sudah dicuci sampai air benar-benar habis. 

  3. Rebus daging selama beberapa menit sampai menjadi empuk. Ketika direbus, Anda bisa menambahkan jahe pada air rebusan. Tujuannya adalah agar hasil daging menjadi lebih enak dan empuk. 

  4. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bumbu halus. Jadikan bumbu halus menjadi satu dalam wajan dan tumis sampai bumbu beraroma harum. Pastikan bumbu matang sebelum memasukkan air kaldu. Air kaldu ini bisa berupa air rebusan daging atau air yang sudah digabungkan bersama dengan kaldu jamur. 

  5. Campurkan air kaldu bersama dengan garam, gula dan kecap. Koreksi rasanya terlebih dahulu. Bila rasanya sudah enak untuk Anda, maka Anda bisa berlanjut ke langkah berikutnya. Tetapi bila belum pas, tambahkan sampai rasa bumbu sesuai dengan yang diinginkan. 

  6. Masukkan daging ke dalam wadah. Aduk sampai merata. Setelah diaduk, tutup panci sehingga bumbu bisa menyerap dengan sempurna ke dalam daging. Masaklah semur sampai daging menjadi lebih empuk, meresap dan air kaldunya menyusut. Bila air sudah menyusut tetapi daging belum sesuai dengan keinginan, maka Anda bisa menambahkan air kaldu sampai kira-kira daging sesuai dengan keinginan. 

  7. Sajikan selagi hangat bersama dengan nasi atau pilihan menu lainnya. 

Itu dia resep semur daging yang bisa Anda terapkan. Bila Anda ingin membuat daging menjadi lebih empuk, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Cara termudah untuk membuat daging empuk adalah dengan memperhatikan bentuk potongannya. Hindari memotong daging di sepanjang jalur serat dan cobalah untuk memotong daging berlawanan dengan arah serat. Fakta membuktikan cara ini bisa membuat daging lebih empuk.

Perhatikan juga bentuk dan ukuran sayatannya. Untuk membuat rebusan atau sop, Anda bisa memotong dagingnya lebih tebal karena proses pemasakannya sangat lama. Namun untuk fast food, coba potong daging menjadi irisan tipis atau potongan kecil. Barang seperti teriyaki hanya membutuhkan waktu memasak yang singkat, sehingga dipotong lebih tipis. Selain bagaimana daging dimasak untuk melembutkannya dengan cepat, bumbu juga bisa meresap dengan sangat baik ke dalam daging yang lebih kecil.

Cara lainnya adalah dengan memukul daging. Potong daging sebelum dipukul-pukul menggunakan alat khusus. Tepuk-tepuk daging di kedua sisi hingga daging empuk. Tepuk atau pukulkan perlahan agar serat daging tidak hancur. Pukul saja beberapa kali sampai daging memar, karena jika dipukul terlalu banyak maka sarinya akan keluar dan daging cenderung mengering.

Baca Juga : Resep Mudah Membuat Soto Ayam Lezat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *