Berikut Ini Manfaat Musik Klasik yang Harus Anda Ketahui

manfaat musik klasik

Ada sebuah lirik lagu dari bang Haji Rhoma Irama yang berbunyi ‘ dunia akan sepi tanpa musik’, memang jika di dunia ini tidak ada suara musik, tentulah dunia ini akan merasa sepi dan sunyi. Karena dengan adanya musik ini, semua orang bisa terhibur dengan alunan nadanya yang indah dan harmonis. Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa musik pada saat ini sangat beragam dari berbagai jenis. Salah satunya adalah jenis musik klasik. Tahukah anda ternyata musik klasik ini selain enak didengar, namun juga banyak manfaatnya? Berikut beberapa manfaat musik klasik yang harus anda ketahui :

1. Musik Klasik Dapat Meningkatkan Intelegensia


Tentunya pada anak zaman klasik atau periode klasik dalam sejarah musik barat, berlangsung selama abad ke-18 sampai dengan awal ke-19. Meskipun istilah musik klasik biasanya digunakan untuk menyebut semua jenis musik dalam tradisi ini, tetapi istilah tersebut juga digunakan untuk menyebut musik dari zaman tertentu ini dalam tradisi tersebut. Jaman ini biasanya diberi batas antara tahun 1750 dan 1820, namun dengan batasan tersebut terdapat tumpang tindih dengan zaman sebelumnya dan sesudahnya.

2. Musik Klasik Mozart akan Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Sang Janin


Musik terbukti tak hanya untuk menghibur dan dapat memanjakan telinga saja, yang mempunyai alunan suara berirama. Tak hanya itu saja, ternyata musik juga bisa dimanfaatkan untuk merangsang janin agar kelak menjadi anak cerdas dan kreatif. Bahkan, musik juga bisa dipakai untuk menyembuhkan orang yang sakit. Alunan musik klasik karya Wolfgang Amadeus Mozart sangat efektif untuk merangsang otak bayi, dan jenis musik mozart ini juga dapat merangsang perkembangan sel-sel otak pada janin. Sehingga, rangsangan ini sangat penting karena masa tumbuh kembang otak yang paling pesat terjadi sejak awal kehamilan hingga bayi berusia tiga tahun. Selain itu juga, cara yang dilakukannya pun tidak semabarangan dan memiliki aturan-aturan khusus seperti berikut ini :
– Menggunakan headset dan di tempelkan di kedua sisi perut, secara simetris pada ibu yang mengandung calon bayinya.
– Kecilkan volume lagu, agar musik menjadi pelan dan nyaman. Untuk durasi waktu, hanya dibutuhkan maksimal 1 jam dalam satu putaran.
– Lakukanlah setiap hari 1-2 kali pemutaran diwaktu senggang anda.

3. Fungsi Musik Klasik Dalam Dunia Pendidikan Dan Kesehatan


Penelitian di Universitas Berlin menemukan bahwa murid yang mendengarkan musik klasik 10 menit sebelum ujian dimulai, bisa memperlancar dalam mengerjakan soal-soal ujian dibandingkan dengan murid yang tidak mendengarkan musik klasik. Dan hal ini juga diyakini dapat mencegah kekerasan, membuat anak-anak menjadi lebih tenang dan santai, sehingga situasi kelaspun lebih mudah terkendali.


Itulah beberapa manfaat dari music klasik yang tentu saja harus kalian pahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *