Beberapa Makanan Dan Buah Yang Bisa Melancarkan Siklus Menstruasi

buah yang memperlancar menstruasi

Haid atau menstruasi merupakan siklus alami yang biasa terjadi pada tubuh wanita yang normal, siklus ini terjadi secara berkala serta dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang baik dari FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Sekitar sebulan sekali, tumbuh lapisan baru atau endometrium pada rahim untuk dibuahi sel telur. Sehingga ketika tidak ada sel telur yang dibuahi, lapisan rahim tersebut akan luruh bersama darah.

Pada normalnya, siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari dan ada juga yang mengalami siklus menstruasi setiap 21 hari hingga 30 hari.  Sehingga, bagi anda yang mengalami menstruasi hanya berjarak 21 hari atau kurang dari 35 hari maka bisa dipastikan bahwa siklus menstruasi anda tidak teratur atau tidak normal. Dan hal tersebut tentunya akan membuat kecemasan tersendiri bagi setiap wanita, beberapa penyakit pada sistem reproduksi ditandai salah satunya dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Untuk itu, bagi anda yang mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Anda bisa mengatasi hal tersebut, dengan mengkonsumsi makanan dan buah ini. Berikut ini makanan dan buah yang bisa melancarkan siklus menstruasi:

1. Biji Wijen


Selain brokoli, biji wijen juga dapat membantu untuk memperlancar siklus menstruasi. Tetapi juga,  jangan mengkomsumsi biji wijen secara berlebih karena dapat meningkatkan pasan di tubuh.

2. Telur

Telur yang sudah direbus memiliki kaya akan protein, kalsium dan vitamin. Protein yang terkandung di dalam telur, dapat membantu untuk mengatasi masalah menstruasi yang tidak lancar.

3. Susu Kedelai


Bagi anda merupakan salah satu yang mengalami alergi terhadap susu, maka anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. Susu kedelai sangat bergizi, dan tak hanya itu saja susu kedelai juga dapat membantu untuk melancarkan siklus menstruasi agar teratur.

4. Ikan Dan Minyak


Ikan merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh, asam lemak omega 3 ini akan melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Dengan begitu, anda bisa mengkomsumsi ikan pada saat menstruasi agar siklus menstruasi anda berjalan lancar.

5. Pepaya Muda


Selain makanan, ternyata untuk memperlancar siklus menstruasi juga bisa dengan mengkomsumsi buah pepaya muda. Pepaya muda, diyakini mengandung nutrisi yang secara cepat. Yang dapat bekerja mengatur kontraksi rahim, dan dapat meningkatkan aliran darah ke dalam.

6. Brokoli


Brokoli mempunyai bentuk yang unik dan mempunyai tekstur yang renyah, dengan mengkomsumsi brokoli ternyata sangat efektif untuk melancarkan siklus menstruasi loh. Karena di dalam brokoli, mengandung 91% air dan dapat membantu menyingkirkan kambuh yang kerap dialami saat menstruasi. Selain itu juga, brokoli kaya akan kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 dan vitamin E serta mineral penting seperti potasium dan magnesium yang dapat membantu meredakan gejala PMS (Pramesntruasi syndrome).

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat melancarkan siklus menstruasi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *